Upah Harian Pasukan Orange di Bogor Dinaikkan Ceban

0
283

BOGOR – Upah petugas penyapu jalan atau pesapon di Kabupaten Bogor naik ceban alias Rp10 ribu pada 2020 mendatang. Tak hanya itu pasukan orange juga mendapat uang jaminan kesehatan Rp100 ribu.

TANPA SEKAT : Bupati Ade Yasin memeluk hangat pesapon. FOTO : PRAYOGA PP

“Ini wujud terima kasih dan apresiasi bagi upah para pesapon. Saya naikkan upah harian mereka yang awalnya Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu,” ungkap Bupati Ade Yasin Yasin saat berdialog dengan pesapon Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor di Taman Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Jumat (27/12/2019).

Dikatakannya, secara perlahan Pemkab Bogor akan menaikkan kesejahteraan pasukan orange di Bumi Tegar Beriman.

“Sedikit-sedikit kita naikkan, yang penting ada kenaikan. Kita juga berikan uang jaminan kesehatan Rp100 ribu per bulan. Walaupun kita tahu puskesmas dan RSUD sudah gratis, tapi uang jaminan kesehatan ini memang sudah saya alokasikan,” ujar Ade Yasin.

Dia menambahkan, peningkatan kesejahteraan dan jaminan kesehatan adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada para pesapon.

“Penghargaan kepada para pesapon harus dibarengi dengan tanggung jawab dan etos kerja yang tinggi. Pesapon adalah garda terdepan dalam menjaga kebersihan Kabupaten Bogor. Mereka harus merasa bangga sudah berbuat untuk Kabupaten Bogor, sehingga dengan rasa bangga itu akan menumbuhkan rasa tanggung jawab,” tandasnya.

Ade Yasin pun mengimbau masyarakat untuk menghargai pesapon dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Para pesapon sering dipandang sebelah mata, padahal peran mereka sangat penting bagi kehidupan sebuah kota atau kabupaten. Para petugas ini bekerja hampir tanpa mengenal waktu, untuk itu saya mengajak kepada masyarakat menghargai para petugas kebersihan ini dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” ingin dia.

ACHMAD KURNIAWAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.