Hardiknas, Ruang Kelas SMPN 1 Sukajaya Ambruk Belum Diperbaiki

Kondisi ambruknya salah satu ruang kelas di SMPN 1 Sukajaya yang belum diperbaiki Pemkab Bogor. Firman | Pakar

SUKAJAYA – Miris potret gedung sekolah SMPN 1 Sukajaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor hancur akibat bencana alam, bahkan hampir seluruh bangunannya mengalami kerusakan dibagian atapnya.

Dihari peringatan pendidikan nasional kondisi bangunan sekolah terlihat rusak berat, seluruh bangunan kondisinya memprihatikan, bahkan tidak ada perhatian khusus dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Staf Tata Usaha (TU) SMPN 1 Sukajaya, Dede Agus Kurnia, menjelaskan bahwa bangunan kelas roboh setelah diguyur hujan deras berturut-turut bahkan kontur tanah mengalami pergeseran tahan. “Terjadinya ambruk dua ruang kelas di sebabkan karena intensitas hujan tiga hari berturut turut deras perkiraan sekitar jam 10 malem,” ungkap Dede, Kamis, 2 Mei 2024.

Bahkan, kata dia, sekolah yang menampung 700 siswa lebih itu, setelah ditempa bencana berdampak kepada kelompok belajar mengajar(KBM) siswa. “Untuk proses belajar mengajar dijadikan dua shift ada shift pagi dan siang sudah berjalan sejak kejadian ini hampir berjalan dua bulan,” jelasnya.

Selain terganggu pada proses pembelajaran siswa, kegiatan belajar juga sering terhenti ketika cuaca akan turun hujan, karena khawatir terjadi roboh kembali. “Sebab kalo tidak dijadikan dua shift tidak ada ruang kelas. Kalo misal cuaca hujan di sore hari anak-anak yang sedang berjalan di keluarkan karna khawatir terjadi yang tidak diinginkan,” paparnya.

Dede juga berharap, bangunan ruang kelas agar segera di perbaiki, mengingat sangat terganggu pada proses pembelajaran siswa. “Harapan saya agar cepat di perbaiki kalo bisa si direlokasi ke tempat yang lebih aman karna disini tanah nya labil. Ada juga ruang yang dipakai keadaan nya sudah miring,” cetusnya.

Selain itu, Dede mengaku pasca kejadian, sigap langsung melaporkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. “Sudah di laporkan dan pegawai Disdik, namun tak ada kelanjutannya hingga kini,” tandasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.