Pj Bupati Bogor ‘Bocorkan’ Siapa Sekda Definitif Pengganti Burhan

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu didampingi Burhanudin dan jajarannya di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor belum lama ini. IST

CIBINONG – Usai melantik Supriyanto Putra sebagai Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Pj Bupati Asmawa Tosepu membeberkan kriteria Sekda definitif pengganti Burhanudin.

Di tengah proses berjalannya seleksi lelang jabatan terbuka atau open bidding, Asmawa menyebut bahwa seorang Sekda harus memiliki gagasan brilian untuk membangun daerah dan bisa menjembatani antara kepala daerah, DPRD, dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Saya pikir kita tidak perlu mengambil contoh yang jauh, sudah dipraktikan oleh beliau (Burhanudin), karena cukup lama beliau menjadi sekda, sudah banyak pelajaran yang bisa kita ambil,” ujarnya.

Menurut dia, Burhanudin bukan hanya sebagai atasan bagi aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Bogor, melainkan juga sebagai inspirator dan panutan untuk melayani masyarakat.

“Karena beliau (Burhanudin) akan dijadikan sebagai guru karena pensiun itu bukan lahir dari segalanya tapi, pensiun itu adalah alinea pertama dalam bab baru, dalam sebuah buku,” ungkap Asmawa.

Sementara, Burhanudin berharap pengganti dirinya pada jabatan Sekda definitif nanti adalah orang yang mampu mengkoordinasikan ASN dan juga legislatif. Termasuk dengan para forkopimda.

“Sekda itu karakternya beda. Sehingga butuh seni dalam memimpin, sebagai koordinator kepala SKPD yang karakternya berbeda-beda,” tuturnya.

Terlebih, kata dia, Sekda memiliki tugas membantu pimpinan yakni Bupati dan Wakil Bupati yang dimana tak jarang ditemukan adanya sebuah perbedaan pemikiran dalam membangun Kabupaten Bogor.

“Kadang-kadang ada juga pemikiran sekda yang tidak sinkron dengan pimpinan. Nah ini yang harus dimiliki seorang Sekda. Bagaimana menyeimbangkan itu. Termasuk menjembatani urusan dengan forkopimda sebagai pimpinan (eksternal) yang harus dilayani,” tuturnya.

Sementara diketahui, saat ini proses open bidding jabatan Sekda Kabupaten Bogor diikuti 14 peserta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Rusliandy mengungkapkan, sebanyak 14 peserta itu merupakan mereka yang telah memenuhi syarat seleksi administrasi dan lulus penelusuran rekam jejak.

“Ini berdasarkan hasil seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta yang dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2 April 2024,” ungkapnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.