Anak Muda di Cianjur Doyan Motor Jadul, Ini Sebabnya

Para anak muda di Kabupaten Cianjur mulai gemar memiliki sepeda motor produksi jaman dulu (Jadul), selain mengoleksi juga memodifikasinya. (ESYA)

CIANJUR—Kendaraan motor jaman dulu (Jadul) mulai digemari kalangan anak-anak muda jaman sekarang. Pasalnya, komunitas motor jadul tersebut, semakin merambah hingga kepolosok desa di Kabupaten Cianjur. Salah satu contohnya, jenis-jenis motor Honda Grand, Astrea Star, Astrea Prima, Honda Bebek 70 hingga Honda Win terdapat diwilayah Kecamatan Naringgul.


“Awal mulanya sih, memang jenis-jenis kendaraan jadul ini, hanya untuk dipergunakan sebagai alat keperluan sehari-hari saja. Namun, karena melihat rekan-rekan di Bandung, jenis-jenis kendaraan motor tua ini, banyak dimodifikasi. Ya saya pun, akhirnya tertarik, karena terlihat lebih bagus,” kata Egi salah seorang bengkel warga Desa Cibeureum, Kecamatan Naringgul ketika ditemui pakuanraya.com, Kamis (4/2/2021).


Menurutnya, jenis-jenis kendaraan motor Honda Grand, Astrea Star, Astrea Prima, Honda Bebek 70 hingga Honda Win telah dimodifikasi, bahkan sudah ada komunitasnya dikalangan anak-anak muda jaman sekarang. “Jadi jenis motor-motor tua ini, sebenarnya tidak terlalu banyak dirubah. Tapi hanya dimodifikasi sedikit dan di cet warna persis seperti baru dari dealer. Karena menggunakan bahan cat yang berkualitas dengan cara di open tidak menggunakan sinar matahari.”aku orang yang sering disapa kang Begod ini.


Hal yang sama diungkapkan Eno (45) pemilik toko onderdil motor tua warga kampung Malati Desa Cibeureum, Kecamatan Naringgul. “Sebenarnya, sayapun mempunyai motor Honda Prima. Dikira saya, jenis-jenis kendaraan motor tua itu sudah musnah atau terlupakan. Karena banyak kendaraan jenis model baru. Eeeh ternyata sekarang malah banyak penggemarnya, bahkan ada komunitasnya,” imbuhnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.