Nekat Buka Dimasa PPKM, Wisata Leuwikunten Mengancam Keselamatan Wisatawan

BABAKANMADANG – Diduga tidak memiliki izin, Wisata alam Leuwikunten yang berlokasi di Kampung Leuwi Goong, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor nekat buka dan beroperasional di masa PPKM Darurat.

Terlebih lagi wisata alam ini berada di tengah badan sungai Ciherang, padahal wilayah Babakan Madang merupakan wilayah rawan terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir bandang.

Kepala Desa Karang Tengah, H. Suhandi menyebutkan wisata ini nekat buka padahal kami dari Pemerintah Desa tidak mengeluarkan izin satu pun kepada pihak wisata.

“Saya sudah meminta kepada RT dan RW untuk tidak menandatangani perizinan kepada mereka karena jika suatu nanti akan terjadi masalah, kami sudah memberikan himbauan dan tidak mengizinkan pihak wisata untuk beroperasi,” tegasnya.

Ia menuturkan bahwa pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan Babakan Madang untuk menyikapi ini karena wilayah ini rawan sekali bencana alam seperti longsor dan banjir.

“Saya sudah melayangkan surat kepada Pemerintah Kecamatan untuk menindak masalah ini, karena sama sekali saya sangat tidak mengizinkan wisata ini untuk beroperasi. Pastinya sangat membahayakan bagi wisatawan, karena aliran sungai ini tiba tiba menjadi besar dan jangan sampai ada korban jiwa baru pihak pengelola wisata akan sadar,” tegasnya.

Sementara itu Pengelola Wisata, Iwan mengatakan wisata Leuwi kunten ini sudah berjalan 4 bulan.

“Saya sudah berjalan 4 bulan wisata ini, sedangkan untuk izinnya kami memang belum ada tapi sedang berjalan dan sedang diproses,” ungkapnya.

Namun pihaknya berkilah bahwa tidak buka, karena curah hujan tinggi sehingga ditutup sementara. “Karena kami tidak ingin mengambil resiko,” kilahnya.

“Memang kita sedang berada di tengah badan aliran sungai, kami pun ada penjaga. Dan kami pun memberikan himbauan kepada wisatawan untuk mengantisipasi adanya bencana kedepannya,” tambahnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.