Ruangan Penuh, Ini Langkah Persiapan dan Cara Melakukan Isolasi Mandiri

KEMANG – Kapasitas ruang isolasi khusus pasien Covid-19 yang ada di 29 Rumah Sakit, 4 Rumah Sakit Umum Daerah, dan satu pusat isolasi pasien covid di Kemang, hampir penuh dengan rata-rata keterisian di atas angka 91 persen.

Di sisi lain, jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif covid terus bertambah, terlebih pasca-natal dan tahun baru 2021. Di pusat isolasi pasien Covid Kemang, pada bulan Desember, tempat tidur ruang isolasi juga sempat penuh.

“Namun saat ini, ada beberapa tempat tidur yang kosong, tapi ini khusus untuk kasus pasien covid OTG dan gejala ringan,” kata dr. Ongko Prayitno, penanggung jawab pusat isolasi covid Kemang, Rabu (13/1/2021).

Dokter Ongko, sapaan akrabnya menambahkan, menyikapi hal ini, sebaiknya bagi pasien positif covid-19 orang tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui tata cara pelaksanaan isolasi mandiri.

“Ini penting diketahui, agar keluarga dan masyarakat tidak panik dan resah serta mampu melakukan persiapan dan melaksanakan isolasi secara baik dan benar,” imbuhnya.

Ia membeberkan, langkah pertama yang harus dilakukan pasien positif covid OTG dan gejala ringan adalah dengan mempersiapkan berbagai kebutuhan perlengkapan pribadi seperti pakaian, alat kebersihan dan lainnya.

Termasuk perlengkapan peralatan ibadah, penyediaan obat-obatan pribadi dan persiapan perlengkapan lainnya yang diperlukan saat mengisi kegiatan selama masa isolasi mandiri seperti handphone, laptop, buku, makanan ringan, alat
olahraga dan sebagainya.

“Serta memasang pengumuman dengan tulisan besar “Sedang melakukan isolasi mandiri” pada pintu atau tempat yang mudah terlihat. Agar pihak keluarga dan orang lain mengetahui,” pungkasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.