Gali Potensi, Kades Tugu Jaya Lakukan ‘Roadshow’ Musdes

Pemdes Tugu Jaya saat lakukan roadshow Musdes. Yusman | Pakar

CIGOMBONG – Pemerintah Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor mulai menyusun rencana pembangunan desa dengan cara musyawarah melalui roadshow. Tujuannya agar Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) berdasarkan keputusan bersama.

Hadiri dalam Musdes tersebut, Ketua BPD, RT,RW dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Desa Tugu Jaya, Muhamad Rifky Abdilah menjelaskan, perencanaan pembangunan desa merupakan proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dengan melibatkan BPD dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa.

“Pemdes hari ini memulai proses penggalian gagasan dan pengumpulan data secara komprehensif mengenai keadaan obyektif masyarakat, masalah, potensi, dan berbagai informasi terkait yang menggambarkan secara jelas dan lengkap kondisi serta dinamika masyarakat, ini sebagai langkah awal Pemdes Tugu Jaya melaksanakan musyawarah dusun. Hal ini diperlukan sebagai upaya menggali gagasan dari masyarakat tingkat bawah,” jelas Muhammad Rifky kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Dalam Musdes ini bukan hanya sebatas usulan pembangunan fisik melainkan lebih mengenali dan mengembangkan potensi diri desa Tugu Jaya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, hasil musyawarah ini nantinya akan menjadi acuan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa).

“Yang perlu dipenuhi adalah pemberdayaan masyarakat desa yang bertujuan mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa,sehingga akan memperlancar pembangunan disetiap wilayah,” bebernya

Sementara, Ketua BPD Tugu Jaya, Erwin Ginanjar mengatakan, kegiatan Musdes jnu akan dilaksanakan selama 11 hari kedepan.

“Musdus ini akan dilaksanakan selama 11 hari, kita akan keliling BPD dan pemdes Tugu Jaya ke setiap wilayah untuk mendengarkan aspirasi dari semua elemen masyarakat. ini merupakan terobosan luar biasa seorang kepala desa, karena dengan melakukan terjun langsung banyak hal yang didapat selain silaturahmi dengan masyarakat langsung,” ungkapnya.

“Kegiatan roadshow Musdes ini bisa menjadi jembatan untuk lebih dekat lagi kepala desa dan warganya, dan hal seperti ini yang memang harus dilakukan seorang kepala desa selain bisa dekat dengan masyarakatnya, kepala desa pun bisa tahu langsung setiap permasalahan di bawah dan bisa mengambil solusinya langsung,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.