50 Unit RTLH di Kecamatan Ciseeng Akan Dapat Bantuan Bupati Ade Yasin

Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Ciseeng, Lukman Ariyadi. Fahri | Pakar

CISEENG – Sekitar 50 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang tersebar di 10 desa di wilayah Kecamatan Ciseeng akan segera diperbaiki. Rencanaya, dari setiap desa akan mendapatkan kuota lima unit RTLH untuk direvitalisasi dengan dana bantuan APBD Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Ciseeng, Lukman Aryadi mengatakan, di Kecamatan Ciseeng dari 10 desa akan mendapatkan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebagai program Bupati Ade Yasin.

“Bantuan RTLH ini akan tersebar di 10 desa dan setiap desa akan dapat lima unit RTLH. Jumlah dana bantuannya sebesar 15 juta rupiah,” Kata Lukman Aryadi, Kamis (14/11/2021).

Ia menuturkan, bantuan dana revitalisasi RTLH tersebut nantinya akan diterima langsung oleh para penerima manfaat. Namun untuk teknis pengerjaan dan penyediaan material akan dipantau oleh tim pelaksana kegiatan dari pemerintah desa setempat.

“Mudah-mudahan dana bantuan RTLH bisa turun dalam waktu dua minggu lagi. Karena sudah banyak yang menanyakan soal RTLH ini,” tukas Lukman Aryadi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Djatnika, mengungkapkan bahwa tahun 2021 ini akan ada bantuan revitalisasi RTLH sebanyak 2000 unit rumah melaluu dana APBD Kabupaten Bogor.

“2.000 unit rumah tersebut, tersebar di 40 kecamatan 292 Desa dan 17 kelurahan, dengan jumlah besaran bantuan sosial (bansos) senilai 15 juta rupiah per satu unit rumah,” terang Kadis DPKPP Ajat Rochmat Jatmika.

Selain itu, Pemkab Bogor juga akan mendapatkan bantuan revitalisasi RTLH dari Pemerintah Pusat sebanyak 1.404 unit rumah dan bantuan dari Provinsi Jabar sebanyak 780 unit rumah.

Pemerintah Kabupaten Bogor berharap, adanya bantuan sosial revitalisasi RTLH ini, dapat membantu dan merangsang masyarakat sekitar termasuk aparatur setempat guna bergotong royong dalam membatu perbaikan RTLH.

“Bansos RTLH ini sebagai stimulan saja. Semakin besar peran masyarakat untuk membantu sesama warga, maka semakin baik kondisi warga yang dibantu,” pungkas Ajat Rochmat Djatnika. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.