Akses Jalan Selesai Dibangun, Program TMMD Siap Dinikmati Masyarakat

Penandatanganan penerimaan dan penyerahan hasil program TMMD ke-112 di Desa Bojong dan Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. (Diskominfo)

CIBINONG – Pembangunan jalan di Desa
Bojong dan Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021, selesai dilaksanakan.

Hasil pembangunan tersebut diserahkan langsung Kepala Kelompok Staf Ahli Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Wilayah III/Siliwangi, Brigjen TNI, Agus Supriyo Winarno kepada Bupati Bogor, Ade Yasin di Gedung Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (14/10/2021).

“Ini adalah hasil kerjasama kami dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. Program TMMD itu dibangun sesuai dengan kebutuhan masyarakat dimana kita melihat kondisi ke lapangan (bottom-up), lalu berkoordinasi dengan pemerintah untuk membangun yang dibutuhkan masyarakat tersebut,” ungkap Agus usai penyerahan hasil TMMD.

Pada program ini, akses jalan yang dibangun di dua desa di Kecamatan Klapanunggal tersebut diketahui sepanjang 2.450 meter dengan lebar sekitar 12 meter.

“Sebelumnya lebar jalan ini 7 meter, tapi ditambah 5 meter menjadi 12 meter,” ungkap Bupati Ade Yasin.

Dia mengapresiasi apa yang telah dikerjakan jajaran TNI ini. Menurutnya, program TMMD akan terus berlanjut sesuai kebutuhan masyarakat. Terlebih masih banyak akses yang harus dibuka agar operasional masyarakat bisa berjalan dengan baik.

“TMMD ini dilaksanakan selama satu bulan, sesuai dengan harapan kita. Aakses jalan ini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat karena perputarannya pun akan lebih cepat,” jelas Ade Yasin.

Sebelumnya, Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi menjelaskan, TMMD merupakan tujuan pokok dari TNI Angkatan Darat (AD) untuk membuka akses terisolir yang belum bisa dinikmati masyarakat secara penuh.

“Jadi TMMD ini diprioritaskan untuk membuka akses di wilayah yang terisolir, terpencil, wilayah perbatasan dan wilayah yang tergolong dengan kondisi ekonomi yang relatif rendah,” kata Achmad Fauzi.

Meski merupakan tujuan pokok TNI-AD, dia menyebut jika program TMMD pun dibantu oleh TNI dari Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

“Termasuk juga dengan Polri, dan aparat pemerintahan yang ada kita bersinergi untuk menyukseskan program TMMD ini,” jelas Achmad Fauzi.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.