Duga Banyak ASN Mudik Meski Dilarang, Bupati: Saya Minta Kesadaran Swab Testnya

Bupati Bogor, Ade Yasin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Meski secara tegas dilarang, Bupati Ade Yasin menduga banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bogor yang melakukan perjalanan mudik lebaran.

Dia pun meminta para ASN yang merasa mudik, agar sadar diri dan melaksanakan aturan protokol kesehatan dengan melakukan swab test.

“Sejauh ini belum ada laporan ASN yang mudik. Tapi kalau ada, saya minta untuk ditindak dan melakukan swab test dulu,” tegas Ade Yasin, Senin (17/5/2021).

Larangan mudik lebaran untuk ASN dengan tegas diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 8/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Mudik dan/atau Cuti Bagi Pegawai ASN dalam Masa Pandemi Covid-19.

Larangan tersebut berlaku selama periode 6 sampai 17 Mei 2021. Bahkan, melalui Surat Edaran tersebut, Menpan-RB juga melarang ASN untuk mengambil cuti selama libur lebaran 2021. Jika melanggar, kementerian akan memberikan sanksi berupa hukuman disiplin mulai dari teguran hingga pemecatan.

Kata Ade Yasin, semua aturan tersebut harus lah dipatuhi semua ASN, khususnya di Kabupaten Bogor.

“Kalau ketahuan, pasti akan kami sanksi. Tapi karena tidak semua terpantau, kami minta kesadarannya untuk swab test disamping penindakan juga dilakukan,” jelas Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.