Disaat Pembentukan ‘Holding’ Gula, Elly Rachmat Yasin Pertanyakan Penutupan 11 Pabrik Gula

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin (Humas DPR RI)

JAKARTA – Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menilai upaya pembentukan holding gula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

Menurutnya, strategi tersebut dapat mengurangi ketergantungan dalam hal impor gula. Mengingat dari kebutuhan gula nasional sekitar 5,8 hingga 6,6 juta ton baru bisa dipenuhi sekitar 2,17 hingga 2,2 juta ton yang dihasilkan dari 48 pabrik gula milik BUMN dan 17 pabrik gula swasta.

“Karenanya, kekurangan tersebut biasanya dipenuhi dengan gula impor ya, untuk itu upaya pembentukan holding pabrik gula BUMN merupakan upaya yang strategi untuk memenuhi kebutuhan gula nasional,” ujarnya dalam Rapat Dengan Pendapat Komisi VI DPR RI dengan jajaran direksi PT Perkebunan Nusantara III (Persero) terkait rencana pembentukan holding pabrik gula, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Di sisi lain, legislator dapil Jawa Barat V ini juga mempertanyakan di tengah upaya pembentukan holding gula BUMN, mengapa holding PTPN justru merencanakan penutupan atas 11 pabrik gula sejak 2018 hingga 2022 nanti.

Menurutnya penutupan pabrik gula ini dapat berdampak pada para karyawan yang bisa berdampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Dengan penutupan pabrik gula tersebut, lalu bagaimana dengan para karyawannya? Ini mohon penjelasan juga karena dengan adanya penutupan itu tentunya karyawan juga akan terkena PHK,” tambahnya.

Selain itu, Elly juga menyinggung tentang pabrik gula yang sudah tua. Menurutnya, pabrik-pabrik tersebut dapat dijadikan museum heritage atau bisa direvitalisasi agar tidak berdampak pada pengurangan karyawan.

“Apa pabrik gula yang sudah tua itu tidak bisa direvitalisasi? Tadi disampaikan dijadikan museum ya kalau masing bisa direvitalisasi kenapa tidak karena ini berdampak juga pada pengurangan karyawan dan berdampak juga masalah phk,” tanya politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) tersebut. MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.