Naik Setiap Tahun, Kasus HIV di Kabupaten Bogor Didominasi Usia Produktif

Ilustrasi Kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Bogor mengalami peningkatan setiap tahun. IST

CIBINONG – Kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Bogor mengalami peningkatan setiap tahun. Terhitung dari 2020 hingga sepanjang 2022, kasus tersebut terus melonjak.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, kasus HIV 2020 tercatat sebanyak 417. Kemudian di tahun 2021 naik menjadi 430 kasus dan sepanjang 2022 sudah ada 438 kasus positif HIV.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Adang Mulyana mengatakan, kasus positif HIV tersebut didominasi oleh penduduk berusia produktif.

“Hasil pemeriksaan kami kasus HIV didominasi oleh usia dari remaja sampai dewasa. Diliat dari kasusnya, yang banyak di usia produktif, 25-50 tahun,” kata Adang kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Adang mengaku pihaknya terus berupaya menekan angka kasus HIV tersebut. Salah satunya dengan membuka program Pelayanan, Dukungan dan Pengobatan (PDP) di beberapa rumah sakit dan puskesmas yang tersebar di sejumlah wilayah.

“Di tahun ini kami akan menambah layanan tersebut, dan kita juga sedang membuat rancangan aksi daerah (RAD) untuk HIV ini yang kedua di Jawa Barat,” ungkapnya.

Dijelaskan Adang, RAD merupakan bentuk penanggulangan atau antisipasi
kasus HIV yang akan melibatkan beberapa leading sektor.

“Penanggulangan HIV kan bukan hanya dari sisi kesehatan saja, tetapi untuk mencegah agar masyarakat tidak masuk dalam resiko HIV itu perlu beberapa leading sektor. Secepatnya akan kita bahas,” lanjutnya.

Faktor penyebab HIV sendiri didasari oleh narkoba, pengguna jarum suntik dan seks bebas.

Adang mengimbau masyarakat yang
terindikasi kasus HIV/AIDS, agar rutin mengkonsumsi obat Anti Retroviral (ARV) untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

“Obat ini harus diminum terus setiap hari sesuai takaran,” jelas Adang.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.