Reservoir Jabaru dan Pipa JDU Gunung Batu Sudah Rampung Dikerjakan

Dirtek Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf dan jajarannya saat mengecek lapangan. IST

BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor memastikan pembangunan reservoir Jabaru, Kelurahan Pasirkuda, Kecamatan Bogor Barat, telah rampung, kemudian siap meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf menjelaskan, pembangunan reservoir baru di kawasan Jabaru tersebut sudah selesai.

Baik pembangunan reservoir itu sendiri maupun pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) yang menghubungkan reservoir Jabaru dengan kawasan Gunungbatu.

“Pembangunan reservoir Jabaru sudah selesai. Pemasangan pipa JDU ke Gunungbatu juga sudah. Dalam waktu dekat akan segera kita manfaatkan,” jelas dia, Senin (21/2/2022).

Bahkan sekarang ini, terang dia, Perumda Tirta Pakuan tengah melakukan serangkaian uji coba sebelum pelaksanaan. Salah satunya terkait kualitas air.

“Pada dasarnya air di reservoir itu sendiri sudah food grade, tapi kita lakukan uji coba. Kita sudah lakukan pengurasan, lalu kita uji coba juga untuk pengaliran,” ungkap Ardani.

“Ada dua sistem yang harus kita trail dulu, uji coba (kualitas) air hingga sistem yang namanya LCF,” sambungnya.

Ditambahkan dia, reservoir Jabaru sendiri nantinya akan berfungsi dalam pelayanan pelanggan di kawasan Kecamatan Bogor Barat.

Apalagi, kata Ardani, pengaliran ke wilayah Bogor Barat seringkali ada keluhan lantaran terlalu jauh.

“Wilayah barat seperti Balumbangjaya dan lainnya, itu terlalu jauh. Jadi pemanfaatannya nanti untuk menangani jam puncak pemakaian, yakni pada pagi dan sore hari. Dari jam 5 sampai jam 8 pagi, lalu pukul 16:00 WIB sampai 19:00 WIB. Disitu kita manfaatkan reservoir Jabaru untuk pengaliran air,” tutupnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.