Yahya Staquf Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU

Yahya Cholil Staquf. (Ist)

JAKARTA – Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai ketua umum PBNU periode 2021-2026 setelah memperoleh suara terbanyak dalam Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, Jumat (24/12/2021). Yahya Staquf mengungguli Ketua Umum PBNU 2016-2021 Said Aqil Siroj.

Berdasarkan penghitungan sementara, Yahya Staquf telah memperoleh 280 suara atau lebih tinggi dari perolehan suara minimal, yakni 277 suara, untuk mengungguli Said Aqil Siroj, dari jumlah 552 suara saat pemilihan bakal calon ketua umum.

Pemilihan ketua umum PBNU diawali oleh pemilihan bakal calon ketua umum oleh 552 pemilik suara yang berasal dari pengurus wilayah dan pengurus cabang NU. Dua bakal calon ketua umum yang memperoleh suara terbanyak akan dipilih lagi menjadi ketua umum.

Dalam pemilihan tersebut, Yahya Staquf memperoleh 327 suara, diikuti Said Aqil Siroj 203 suara, As’ad Ali 17 suara, Marzuki Mustamar dua suara dan satu suara untuk Ramadan Bayo. Ada satu suara yang abstain dan satu suara dinyatakan batal oleh panitia pemungutan suara.MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.