Wujudkan Herd Immunity, Keluarga Besar PT Antam Ikuti Vaksinasi BUMN

NANGGUNG – Dalam rangka mendukung program kekebalan komunal guna menangkal penularan bahaya virus Covid-19 saat ini, sedikitnya 295 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan anak dan istri keluarga Besar Karyawan PT. ANTAM (Tbk) UBPE Pongkor, Selasa (7/9/2021) mendapat vaksinasi dari Program Vaksin BUMN.

Program Vaksinasi yang diperuntukan bagi 295 KK keluarga besar PT. Antam (Tbk) UBPE Pongkor tersebut, berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Perumahan Karyawan Antam di Kampung Parempeng, Desa Kalong Liud, Kecamatan Nanggung.

Rohyan Asisten CSR Manager Comodity Development (Comdev) PT. Antam (Tbk) UBPE Pongkor mengatakan, program pelaksanan Vaksin BUMN ini terselenggara atas Kerjasama dengan Kimia Farma dan Bio Farma. “Pelaksanaan Vaksin BUMN kali ini menyasar seluruh keluarga besar Karyawan PT. Antam yang berjumlah 295 Kepala Keluarga,” kata Rohyan Asisten CSR Manager Comodity Development (Comdev) PT. Antam (Tbk) UBPE Pongkor kepada Pakar Online.

Lanjut Rohyan, untuk waktu pelaksanaannya berlangsung selama dua hari berturut turut yakni Selasa (07/09/2021) hingga Rabu (08/09/2021). “Dengan melibatkan Tenaga Kesehatan dari Kimia Farma, Bio Parma dan Nakes dari PT. Antam (Tbk) UBPE Pongkor,” bebernya.


Rohyan menambahkan, Vaksinasi yang berlangsung saat ini merupakan program Vaksin pertama. “Sedangkan untuk program Vaksin kedua akan dilaksanakan pada 21 September mendatang,” terangnya.

Selain melaksanakan Program Vaksinasi sambungnya, PT. ANTAM (Tbk) UBPE Pongkor juga sedang menyiapkan pendirian rumah Oxygen yang berlokasi di eks Gedung Serba Guna Kantor kecamatan Nanggung.

“Saat ini pekerjaan pembangunan Rumah Oxygen di Eks Gedung Serba Guna milik Kantor Kecamatan Nanggung masih berlangsung dengan fasilitas sepuluh Oxygen Konsentrator untuk kepentingan kesehatan Warga Nanggung,” tandasnya.

dr. Miko Febin Kepala Puskesmas Parempeng tim Panitia pelaksana menambahkan, Program Vaksin BUMN yang menggunakan Serum Vaksin Sinofarm pada hari pertama pelaksanaannya di GOR Parempeng, dengan target sasaran 295 KK keluarga besar Antam, berlangsung Lancar.

“Sebelum di vaksin, semua peserta vaksin yang datang harus melalui beberapa tahapan dengan aturan Sistem yang sangat bagus. Point pertama peserta harus mendaftar untuk dilakukan pengecekan secara manual dan otomatis dimulai dari nama peserta dan tanggal lahir. Setelah namanya terdaftar di Kimia Farma dan Bio Farma, maka peserta dipersilahkan ke meja berikutnya untuk di screening,” jelas dr. Miko.

Semua peserta, sambungnya, harus menjalani tes screening jika hasilnya bagus maka peserta di perbolehkan di Vaksin. “Akan tetapi Hanya Peserta dengan kategori Comorbid saja yang tidak diperbolehkan di vaksin seperti penderita Diabetes Militus Akut dan Auto Imun. Dan alhamdulilah, untuk pelaksanaan di hari pertama ini, semua ratusan pesertanya kami nyatakan lolos dan diperbolehkan menjalani Vaksin,” ujarnya.

Masih kata dr. Miko, pelaksanaan Vaksinasi BUMN ini dilakukan dengan Aturan Protokol Kesehatan (prokes) yang ketat seperti jarak bangku antara masing masing peserta berjarak sekitar 2 meter. “Bahkan di acara pelaksanaan disiapkan ruangan ICU berikut mobil ambulan untuk berjaga jaga jika ada hal hal yang tidak di inginkan selama pelaksanaan vaksin,” ungkapnya.

Sedangkan jumlah tenaga kesehatan yang dilibatkan sambungnya, merupakan Nakes gabungan dari Kimia farma 14 orang, dibantu kepolisian dan tenaga keamanan Antam 15 orang, juga Nakes dari Puskesmas Antam di Parempeng. “Sehingga jumlah semua tenaga yang terlibat dalam pelaksanaan vaksin BUMN ini tercatat Lima Puluh Orang,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.