Wisuda Angkatan XIV, SMART Ekselensia Indonesia Cetak Generasi Mumpuni

KEMANG – Sekolah SMART Ekselensia Indonesia menggelar Wisuda Angkatan XIV bertajuk “Generasi Berprestasi, Berakhlak Mulia, Berdaya Guna”, Rabu (25/5/2022). Perhelatan itu berlangsung secara hybrid (daring dan lurung) di pelataran halaman LPI atau Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Di momen itu, SMART Ekselensia mewisuda 33 siswanya, dimana 14 orang diantaranya telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan, dan lainnya.

Kepala LPI Dompet Dhuafa, Mulyadi Saputra, dalam kata sambutannya memberikan motivasi dan inspirasi kepada wisudawan agar mampu menghadapi kehidupan pasca sekolah dan menjawab tantangan bangsa melalui ide-ide hebat dan kreativitas.

Mulyadi menegaskan bahwa SMART Ekselensia merupakan sekolah pencetak generasi muda mumpuni. Mulyadi juga berharap, pasca wisuda, para alumni dapat menjadi versi terbaik dari dirinya.

“Saya berharap setelah lulus dari SMART, para alumni mampu mengaktualisasikan ilmu yang didapatkan sebagai bekal di kehidupan sehari-hari dan mengantarkan mereka menjadi generasi berprestasi, berakhlak mulia, dan juga berdaya guna, sehingga mampu menggores sejarah bagi Indonesia,” ungkap Mulyadi.

Rangkaian Wisuda Angkatan XIV SMART diramaikan gabungan penampilan dari beberapa ekstra kurikuler kreatif SMART, resital Al-Qur’an, SMART Musik Medley, hingga pemutaran video dokumenter.

Acara semakin semarak, bercpir rasa bahagia dan haru tatkala para orang tua wisudawan menyaksikan secara daring anak – anak mereka naik satu-persatu ke atas podium untuk penyematan gelar kelulusan sebagai simbol sukses melewati 5 (lima) tahun perjuangan di SMART Ekselensia Indonesia.

Herman Budianto, GM Budaya, Dakwah, dan Pendidikan, Dompet Dhuafa menjelaskan, SMART Ekselensia muncul dari keprihatinan terhadap pendidikan dan kemiskinan. Melalui pendidikan, kata Herman, diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan Indonesia dan yang penting dapat menjadi multilayer effect yang berdampak manfaat luas.

“Ahamdulillah, hari ini teman-teman telah berhasil menaiki tangga lulus, tentu jangan lupa kuatkan iringi dengan rasa syukur. Sebab, hasil perjuangan teman-teman, orang tua, guru, donatur, LPI, Dompet Dhuafa, serta semua stakeholder yang terlibat mendukung dan membimbing, insha Allah, siswa SMART akan menjadi generasi dan umat terbaik,” tukas Herman Budianto.

Sebagai informasi, SMART Ekselensia berdiri sejak tahun 2004, berusaha menjawab tantangan bangsa dengan mengantarkan 90% anak didiknya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia. Dengan sistem kredit semester dan berasrama, siswa-siswa SMART berhasil menempuh Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) selama 5 tahun, yakni 3 (tiga) tahun jenjang SMP dan 2 (dua) tahun jenjang SMA. FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.