Wisata dan THM Langgar PPKM, Ini Keluh Kesah Kades Bojong Koneng

Wisatawan memadati tempat wisata di Bojong Koneng. Muhammad Ali | Pakar

BABAKAN MADANG – Meski Pemkab Bogor memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, namun sepertinya tidak berlaku bagi tempat wisata kuliner maupun wisata alam hingga Tempat Hiburan Malam (THM).

Seperti di Kecamatan Babakan Madang, terdapat beberapa desa yang notabennya menjadi desa wisata, karena berada di pegunungan.

Contohnya, Desa Bojong Koneng dan Desa Karang Tengah, Desa Citaringgul Kecamatan Babakan Madang, terdapat wisata alam seperti wisata air terjun, wisata kuliner cafe dan resto, villa, kedai Kita Taman Budaya, Panti pijat dan karaoke Plaza Niaga Desa Citaringgul.

Kepala Desa Bojong Koneng, Rusdy Anwar menjelaskan, bahwa pihaknya sudah sering kali melakukan tindakan baik tegur, lisan maupun peringatan, namun hal ini sepertinya tidak dianggap.

“Saya sudah kordinasi dengan pihak kecamatan, kita sering melakukan teguran atau himbauan langsung bersama muspika juga langsung turun dan itu rutin,” kata Rusdi kepada wartawan, Rabu (18/3/2021).

Ia menganggap, jika mungkin dibandingkan desa lain desa pihaknya paling tegas dan seringkali berselisih paham dengan pemilik usaha walaupun sudah melakukan berdasarkan aturan dan instruksi atasan.

“Sampai saya pernah melakukan lockdown total saya tutup akses dari bawah ke atas menuju desa wisata kami, tapi masih saja banyak yang tidak menerima,” bebernya.

Rusdi menambahkan jika saja semua desa bersama-sama bisa kompak. Tapi, kadang masyarakat melihat ke wilayah lain sehingga pemdes jadi serba salah apalagi mayoritas yang mencari nafkah hampir semua warga setempat.

“Kemarin hanya desa saya yang warganya mau di swab masal, supaya kita tahu ada yang terinveksi atau tidaknya sehingga mudah cara menanganinya, Alhmdulillah warga saya peduli terhadap penanganan covid, hanya saja tamu-tamu dari luar yang kadang tidak mentaati prokes,” pungkasnya. =ALI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.