Wisata Air Panas Parung Sepi Pengunjung

Kondisi wisata air panas Parung yang sepi pengunjungnya. (Ist)

PARUNG – Tempat wisata Gunung Kapur di Desa Cogerk, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, sepi pengujung dan dikeluhkan para pedagang.

Wisata pemandian air panas yang dikelola oleh Tirta Sanita, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Tirta Sayata Wisata, kini sepi pengunjung, hal tersebut lantaran mata air panas tidak kembali beroperasi. “Dari mulai bulan Oktober tahun 2023 saja pada saat sumber mata airnya sudah tidak mengeluarkan air belerang jadi tempat sepi,” ungkap salah satu pedagang, Idah Opipah.

Ia menuturkan, mengeringnya sumber mata air di faktori oleh perubahan alam, bahkan hal tersebut berdampak dari menurutnya pengunjung wisata. “Saya kurang tau juga ya penyebabnya apa, entah itu fenomena alam atau apalah, kalau alam kan tidak bisa dicampuri dengan apapun, apalagi ini sumber mata airnya dari dalam bumi,” ujarnya.

Akibat menurunnya wisatawan serta hilangnya sumber mata air berdampak terhadap mata pencarian penjual kopi di sekitar lokasi wisata. “Ya kerasa banget namanya juga orang jualan, kita biasanya banyak orang pada jajan jadi pengunjung sepi jadi dampaknya mempengaruhi ke penghasilan kita,” tuturnya.

Ia menuturkan, Dulu saat ramai pengunjung dalam sehari bisa melayani 100 orang pengunjung dan saat hari libur bisa melayani ribuan orang. Namun, kini sulit mendapatkan pengunjung. “Dengan kondisi saat ini penurunan konsumen sangat dirasakan, bahkan sulit mendapatkan konsumen,” tuntasnya. Sementara itu, kepala desa Cogreg saat di konfirmasi melaku via telpon enggan memberikan keterangan apapun sampai berita ini ditayangkan. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.