Wilayah Sukamakmur Rawan Bencana, Camat Ingatkan Destana untuk Siap Siaga

Peringatan bencana longsor di wilayah Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. IST

SUKAMAKMUR – Wilayah Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor ditetapkan menjadi wilayah rawan bencana. Memasuki musim hujan ini kesiapsiagaan pun mulai dipersiapkan sejumlah desa di wilayah itu.

Camat Sukamakmur, Bakrie Hasan mengatakan, memasuki musim hujan tentunya Pemerintah Kecamatan Sukamakmur mulai berupaya melakukan upaya-upaya dengan siap siaga.

“Retensi hujan saat ini mulai tinggi, jadi kami mengingatkan pemerintah desa dan masyarakat untuk siap siaga,” ujar Bakrie Hasan saat dihubungi wartawan, Kamis (23/11/2023).

Lanjut dia, ada 8 desa yang ditetapkan sebagai wilayah rawan bencana. Delapan desa tersebut diantaranya, Desa Pabuaran, Cibadak, Sukamulya, Sirnajaya, Wargajaya, Sukawangi. Sukaharja dan Sukadamai.

“Delapan desa ini rawan pergerakan tanah tinggi dan longsor, karena wilayah kita tanahnya labil, dan pemukiman warga juga dikelilingi bukit,” ucapnya.

Namun begitu, hingga saat ini belum ada kejadian bencana besar baru sebatas ada beberapa rumah yang terkena angin kencang beberapa waktu lalu.

“Alhamdulilah tidak ada bencana, mudah-mudahan tidak terjadi bencana,” harapnya

Selain itu, ia juga memastikan jika program Desa Tangguh Bencana (Destana) di setiap desa berjalan dengan baik.

“Mereka (Destana) sudah mulai mengantisipasi terjadinya bencana dengan terus mensosialisasikan kepada masyarakat yang berada di sekitar tebingan, dan rawan pergerakan tanah,” ungkapnya.

Bakrie Hasan juga menghimbau kepada Pemerintah Desa dan masyarakat untuk tetap siaga, dan untuk stackholder yang ada untuk tetap siaga bencana. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.