Waspada Virus Baru Corona B117, Kadinkes : Belum Ditemukan di Kota Bogor

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno. Roy | Pakar

BOGOR – Satu tahun sudah pandemi COVID-19 terjadi di Kota Bogor. Ditengah gencarnya dilakukan vaksinasi, kabar terbaru diungkapkan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang mengumumkan varian baru Virus Corona B117 yang berasal dari Inggris telah masuk ke Provinsi Jabar, tepatnya di Kabupaten Karawang.

Berbagai daerah di Jawa Barat langsung melakukan langkah-langkah kongrit dalam mengantisipasi penularan virus mutasi dari COVID-19 itu. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengimbau agar warga Kota Bogor harus tetap waspada terhadap varian virus Corona B117 ini.

Ia meminta masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti strategi Tracing, Testing, Treatment (3T) dan 5M. “Protokol pengendaliannya virus Corona B117 sama saja dengan strategi 3T dan protokol kesehatan 5M,” ungkapnya.

Lanjut Retno, virus Corona memang telah bermutasi. Sampai saat ini sudah 4000 varian atau strain baru Covid-19 ditemukan. Namun Masing-masing strain memiliki perbedaan manifestasi klinik maupun epidemiologis.

“Yang menjadi konsentrasi kita adalah jika strain tersebut menularkan dalam jumlah banyak dalam waktu cepat atau jika severitas atau fatalitasnya tinggi. Itulah yang harus diantisipasi dan diwaspadai,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Retno menegaskan bahwa hingga saat ini varian virus Corona B117 belum ditemukan di Kota Bogor. “Alhamdulillah Di Kota Bogor belum ada laporan terkait varian virus Corona B117 ini. Tapi Sejauh ini strain B117 masih pada penularan dalam jumlah banyak dan cepat,” jelasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.