Warga Unitex Sulap Lahan Kosong Jadi Tempat ini

Warga Perumahan Unitex merubah lahan kosong menjadi lahan pertanian oleh KTD Mitra Kreatif. (SYARIF)

BOGOR – Inovasi dan kreatifitas ditunjukan warga Perumahan Unitex, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, dengan membentuk Kelompok Tani Dewasa (KTD) Mitra Kreatif dan merubah lahan-lahan kosong dijadikan lokasi pertanian dan perkebunan seperti menyemai bibit dan menanam berbagai jenis tanaman sayur mayur diantaranya kangkung, bayam, terong, secin, cabe merah, cabe rawit, tomat dan sebagainya.

Peresmian KTD Mitra Kreatif dihadiri Ibu Camat Bogor Timur Mira Hardiyanti Wawan, Kasie Ekbang Lilis, PPL Bogor Timur Adang, perwakilan Dinas Pertanian Kota Bogor H. Iwan, Pembina KTD Mitra Kreatif Ki Narto dan Ir. Budi Wiboeo, Penasehat KTD Mitra Kreatif Suyitno, Ketua RW 05 dan 06 serta warga Perumahan Unitex, Jumat (29/1/2021).

Ketua KTD Mitra Kreatif Perumahan Unitex, Dedy mengatakan, setelah pemanfaatan lahan kosong yang sekarang sudah dirubah menjadi lahan pertanian, selanjutnya KTD akan konsen menggarap lahan lahan kosong lainnya yang berada di sekitar perumahan unitex.

“Tujuan nya untuk ikut membantu ekonomi warga, pondasi ketahanan pangan warga di lingkungan perumahan lewat kebun jangka pendek. Diharapkan hasilnya akan dinikmati oleh anggota KTD secara cuma cuma dan di jual ke warga dengan harga dibawah harga pasar. Jadi dari warga untuk warga,” ucapnya.

Dedy berharap kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai pihak bisa membawa dampak positif bagi warga untuk belajar bertani dan memanfaatkan lahan yang ada.

“Selain itu, diharapkan bisa menciptakan kerjasama juga antar warga khususnya kedua RW di perumahan unitex serta bisa belajar menjadi petani lewat penyuluhan yang diberikan dari dinas pertanian dan PPL,” ucapnya.

Sementara, Mira Hardiyanti Wawan istri Camat Bogor Timur mengapresiasi dan mendukung adanya KTD Mitra Kreatif. “Kami sangat mendukung, inilah kreatifitas dan inovasi warga dalam melakukan terobosan, baik program ketahanan pangan untuk keluarga, ataupun membuka peluang usaha bidang pertanian. Semoga warga di wilayah lainnya mencontoh warga Perumahan Unitex ini,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.