Warga Tamansari Tagih Janji Pelebaran Jalan Kapten Yusuf

Jalan Kapten Yusuf atau jalan Ciapus-Tamansari. Yusman | Pakar

TAMANSARI – Masyarakat Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor menagih janji Anggota DPRD Kabupaten Bogor dapil III Dan Dinas PUPR soal pelebaran jalan Kapten Yusuf atau lebih dikenal jalan Ciapus-tamansari yang pernah dijanjikan saat reses 2017 lalu.

Kepala Desa Tamansari, Sunandar mengatakan, Kecamatan Tamansari kini sudah menjadi destinasi wisata dimana di beberapa desa memiliki objek wisata seperti
Curug Nangka, Pure, Leweng Geledegan, dan Taman Setu Tamansari.

Sehingga, untuk mendukung destinasi wisata di kawasan Tamansari, perlu penataan infrastruktur yang memadai, sebab, akses utama menuju semua objek wisata tersebut melintasi jalan Kapten Yusuf.

“Tahun 2017 lalu saat reses dewan Dapil III ke Tamansari, anggota DPRD pernah berencana melakukan pelebaran jalan Kapten Yusuf, dihadapan masyarakat,” ujar Kades Tamansari Sunandar kepada wartawan.

Bahkan, rencana tersebut pernah dihembuskan kembali anggota legislatif dan perawatan dinas PUPR saat reses tahun 2020 lalu.

Namun, rencana pelebaran jalan tersebut nampaknya hanya janji manis dari pemerintah. Sebab hingga kini rencana itu belum juga terealisasi.

Rencananya, pelebaran jalan Kapten Yusuf di mulai dari Desa Kota Batu hingga Gunung Malang.

“Kata mereka anggaran itu sudah disiapkan sekitar Rp30 miliar untuk pelebaran seluas dua meter dari sisi kiri dan kanan. Tapi, karena pandemi katanya anggaran tersebut dialihkan ke Covid,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Camat Tamansari, Hidayat mengungkapkan, pelebaran jalan ini memang kerap diusulkan pada setiap Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dari mulai 2018, 2019 hingga 2020 kemarin.

Pelebaran ini menjadi prioritas karena dianggap sebuah kebutuhan ditengah meningkatnya volume kendaraan ke kawasan Tamansari ini.

“Saya pun pernah dengar pada reses 2020 lalu akan direncanakan membuat Detail Engineering Design (DED), tapi sampai sekarang dirinya belum mendapatkan informasi lagi,” ungkapnya.

Belum lama, anggota DPR RI Komisi 10 juga akan mendorong agar pelebaran jalan bisa didanai APBN. “Dari komisi 10 DPR RI bahwa dia juga sedang mengupayakan pelebaran jalan ini dengan sumber dana DAK,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.