Warga Resah Adanya Pengolahan Tambang Ilegal di Desa Cibeber Leuwiliang

Petugas Satpol PP terlihat melihat air limbah dari pengolahan tambang ilegal. (Ist)

LEUWILIANG – Pengolahan logam mulia dari tambang ilegal di Desa Cibeber I, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, menjadi keresahan bagi masyarakat disekitarnya. Adanya pengaduan masyarakat tersebut, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Leuwiliang, melakukan penyelidikan dari pengolahan emas yang menggunakan bahan-bahan kimia yang masuk dalam golongan keras.

“Disini hanya penampung dan hanya pengolahan saja, serta menjual hasil emas dari tambang ilegal. Kita nanti tindak lanjut dari hasil penyelidikan dilapangan,” ungkap, Kanit Pol PP Leuwiliang, Hery Gunawan.

Menurutnya, dari penyelidikan nantinya ada hasil atau proses-proses yang akan teruskan kepada pimpinan. “Dari hasil pengolahan tentunya apakah ada dampak terhadap warga sekitar mengingat pengolahan tersebut menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya,” paparnya.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan dilapangan ditemukan adanya cairan keras untuk proses peleburan logam mulia dan tentunya sangat membahayakan bagi kesehatan. “Kami dilapangan menemukan beberapa cairan serta pengolahan emas dan lokasi pembakaran emas dilokasi tersebut dan nantinya kami akan segara melaporkan hal tersebut kepada pemerintah daerah,” tuntasnya – FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.