Warga Minta Kejelasan Soal Rencana Pengeboran PT Star Energy Geothermal Ltd di Pamijahan

PAMIJAHAN – Sosialisasi drilling (pengeboran panas bumi) yang akan dilaksanakan oleh PT Star Energy Geothermal Salak LTD pada bulan Juli 2021 mendatang, mendapat sorotan dari warga Kampung Cigarehong rt 04/08 Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Warga menilai sosialisasi tersebut tidak begitu jelas. Pasalnya Kampung Cigarehong kampung terdekat dengan lokasi pengeboran yang akan dilaksanakan dan warga masih mempertanyakan kejelasan rencana tersebut.

Menurut tokoh masyarakat sekitar, Kubil (56) mengatakan, sosialisasi tersebut sebelumnya sudah dilakukan namun tidak begitu jelas dan transparan terhadap kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar. “Baru tahun sebelumnya sudah dilakukan, namun kita pun mendukung kegiatan ini sesuai dengan undang-undang yang ada, akan tetapi kita kurang transparansi mengenai kontribusi yang di berikan oleh perusahaan, memang ada, tapi ke masyarakat terdekat kurang transparan,” ujarnya.

Menurutnya, seharusnya masyarakat terdekat dengan perusahaan harus di bedakan, apalagi ketika pihak perusahaan sedang melakukan pengeboran tentu masyarakat sekitar yang merasakan getaran tersebut. “Kalau pengeboran setiap malam kita merasakan getaran tersebut, kalo sosialisasi yang jelas tapi, sehingga kegian ini bisa di terima oleh masyarakat terdekat,” bebernya.

Sementara itu, sosialisasi yang di paparkan oleh pihak perusahaan dinilai begitu jelas, namun tidak mengerti keinginan terhadap masyarakat. “Seharusnya pihak perusahaan mengerti keinginan masyarakat, seharunya pihak perusahaan menyodorkan keinginan masyarakat, sehingga kegiatan perusahaan pun bisa segara di laksanakan,” tegasnya.

Tepisah, Kepala Desa Purwabakti Tajudin Arifin mengatakan, dalam hal ini pihaknya selaras dengan pemikiran warganya, sehingga dalam kegiatan perusahaan tidak ada yang dirugikan. “Saya hanya memfasilitasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak perusahaan mengenai drilling, namun tadi sudah di sampaikan oleh pihak perusahaan terhadap masyarakat dengan pertanyaan mengenai CSR dan bonus produksi,” tuturnya

Menurutnya, dengan pemaparan tersebut tentu membantu pihak pemerintah desa agar tidak terjadi dusta mengenai kontribusi dari perusahaan. “Kita akan mendorong keinginan masyarakat, dan saya akan menyampaikan secara langsung kepada pihak perusahaan dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Menurut, Iwan Azof manajer komunikasi star energi Geothermal Ltd menyampaikan, dalam kegiatan ini tentu bisa membantu pemulihan ekonomi dimasa pandemi. “Kegiatan drilling ini juga akan membuka kesempatan usahavagi masyarakat sekitar seperti supply bahan baku, penginapan hingga makanan,” singkat dia. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.