Warga Kesal Lahannya di Samping Pasar Sukamakmur Dijadikan TPS

Tumpukan sampah di sekitar Pasar Sukamakmur terlihat menggunung. IST

SUKAMAKMUR – Tumpukan sampah di Pasar Rakyat Sukamakmur kian memprihatinkan. Bahkan, pemilik lahan yang dijadikan pembuangan sampah pasar tersebut mengeluhkan kondisi itu.

Pasar Rakyat Sukamamur yang berlokasi di Kampung Cihanjawar, Desa Sukamamur, Kecamatan Sukamamur, Kabupaten Bogor ini akhirnya terlihat kotor dan bau.

Etty Tjahyati pemilik tanah yang terletak di area pasar Sukamakmur mengeluhkan adanya tumpukan sampah yang mengakibatkan lahan miliknya menjadi kumuh dan bau.

“Saya sangat keberatan jika lahan saya jadi rusak, akibat pedagang dan warga buang sampah,” ujar Etty kepada wartawan.

Menurutnya, lahan miliknya yang saat ini dijadikan akses keluar masuk truk sampah sangat merasa keberatan, jika lahanya tersebut dijadikan tempat Pembuangan sampah sementara.

“Saya keberatan! Karena semakin lama tanah kami akan semakin rusak dan juga bau. Terlebih pihak pemerintah desa dan pihak pasar secara sengaja menumpukan sampahnya di area lahan tanah saya,” keluhnya.

Lebih lanjut, Etty juga telah memberikan imbauan kepada pemerintahan desa terkait.


“Saya meminta kepada pihak pemdes dan pasar untuk membersihkan area tersebut, dengan batas waktu paling lambat pertengahan Juli 2024 mendatang harus sudah bersih,” tegasnya.

Sementara, saat dikonfirmasi pihak Bumdes, Yana menyebutkan bahwa dirinya tidak mengetahui terkait masalah sampah yang menumpuk di area pasar Sukamakmur.

“Terkait sampah saya tidak tahu. Tapi memang keluhan tersebut banyak saya dengar,” ucapnya.

Adapun terkait iuran sampah di pasar Sukamakmur, diurus secara langsung oleh pengelola pasar.

“Kalau info yang masuk ke saya, iuran sampah itu tiap hari berjalan sebesar dua ribu rupiah setiap harinya. Namun dikelola oleh pengelola sampah,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.