Warga Ciseeng Masih Kesulitan Air Bersih

Terlihat warga di Ciseeng saat mengantri untuk mendapatkan air bersih bantuan dari BPBD Kabupaten Bogor. Firman | Pakar

CISEENG – Dampak dari musim kemarau hampir sebagian wilayah Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor alami kekeringan, bahkan sulit mendapatkan air bersih, Senin (30/10/23). Menanggapi hal tersebut, satuan Pemadam Kebakaran Sektor Unit Parung salurkan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan dengan membawa ribuan liter air bersih.

Alkindi Ansyah Petugas penyalur air bersih dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) unit Parung menyampaikan, penyaluran air bersih saat ini dilakukan di Desa Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Bogor untuk dua kampung. “Saat ini kita penyaluran air bersih di Desa Ciseeng untuk dua kampung, Malang Nengah dan Cibogo,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya kesulitan mencari sumber mata air lantaran sumber matar air yang bisa digunakan saat ini sudah alami penyusutan debit air. “Hanya saja kita kendalanya dari airnya untuk ngisi tanki. Sementara kita sehari bisa abis 9.000 liter. Biasanya kita isi ulang di PDAM, IDC, Ramayana sama Kahuripan, cuman sekarang udah pada kering. Paling sekarang kita ngisi di Depo-depo terdekat aja, itupun kalau yang sudah kerjasama sama Pemdes setempat,” ungkap Alkindi.

Sementara itu, Kaur Kesra Desa Ciseeng, Dede Supriyadi menyampaikan, sudah hampir beberapa bulan sebagian warganya alami kesulitan air bersih meskipun beberapa wilayah sudah dilanda hujan. “Tiga bulan terakhir tuh parah banget keringnya, dari bulan Juli, Agustus dan September. Tapi sekarang mah Alhamdulillah sudah ada hujan meskipun cuman dikit-dikit juga. Sekarang penyaluran air bersih ini di wilayah Kp. Malang Nengah RT 01 RW 02 dan Kp. Cibogo,” katanya.

Dampak dari kemarau berkepanjangan ini membuat warganya kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. “Paling yang masih ada air yang punya sumur bor. Kalau yang lain udah pada kering, pemanfaatan kali atau sungai juga udah gak ada, udah pada kering banget,” ungkapnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.