Warga Bangun Jalan Antar Desa Sukamulya-Cinerang, Gunakan Anggaran ini

Warga gotong royong membangun jalan alternatif Desa Sukamulya-Cinerang, menggunakan anggaran Dana Desa (DD). (ESYA)

CIANJUR— Warga Desa Sukamulya dan Cinerang, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, rame-rame bangun jalan dengan cara gotong royong. Pasalnya, selama puluhan tahun, infrastuktur jalan Kabupaten Cianjur, baru dibangun dengan menggunakan dana desa (DD) oleh pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamulya, dengan total nilai sebesar Rp 238.193.000.


“Sebenarnya sarana infrastuktur jalan kabupaten ini, seharusnya dibangun oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Namun, karena lamanya menunggu realisasi proses pengajuan. Ya dengan terpaksa pihak pemerintah desa, membangun jalan penghubung antara desa Sukamulya dengan Desa Cinerang ini,” kata salah seorang perangkat Desa Sukamulya Abdul Hasan, Minggu (31/1/2021).

Abdul mengaku, proses pengajuan pembangunan sudah diajukan. Bahkan pada saat, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar sempat dibangun dengan cara digorolkan atau gotong royong kepada warga. “Saat itu, karena memang infrastuktur jalannya dengan cara rabat beton ini, terlalu panjang, tidak tuntas. Rencananya waktu itu, sisanya akan dibangun oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, karena memang jalan ini, merupakan jalan kabupaten,” terangnya.


Salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Naringgul, Jay Sugiarto membenarkan jika jalan penghubung antara Desa Sukamulya dan Cinerang ini, merupakan jalan kabupaten.

“Makanya disetiap menjelang pemilihan baik Presiden, anggota Legislatif maupun Bupati, jalan ini, selalu menjadi ajang politik. Namun herannya, kok sudah beberapa kali diajukan dan dijanjikan tidak kunjung ada realisasinya. Padahal jalan ini, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan roda perekonomian rakyat kedua desa ini. Makanya begitu dibangun pihak desa, semangat warga masyarakat, bahu-membahu membatu secara gotong royong. Karena akses jalan ini, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian masyaraka,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.