‘War On Drugs’ di Era Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba

Peringatan HANI diisi dengan Turnamen Tenis Meja yang diikuti 17 peserta yang berasal dari instansi pemerintah dan desa. IST

CIBINONG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor bersama Forkopimda mengikuti Puncak Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2021 melalui Virtual yang digelar di Kantor Kesbangpol Pemerintah Kabupaten Bogor.

Peringatan Hari Ati Narkotika Internasional (HANI) itu sendiri jatuh pada tanggal 26 Juni.

Peringatan Puncak HANI Tahun 2021 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dilanjutkan laporan oleh Kepala BNN Republik Indonesia Bapak Komjen. Petrus Reinhard Golose.

Adapun tema yang diusung Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia tahun ini adalah “Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di Era Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar)”.

Dalam laporannya Kepala BNN RI menyampaikan serangkaian pencapaian dan upaya yang telah dilaksanakan oleh BNN RI, BNN Provinsi dan BNN Kota/Kabupaten. Penghujung seremonial peringatan puncak HANI tahun 2021 ditutup dengan pencanangan Gerakan Desa Bersinar menuju Indonesia Bersinar.

BNN Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Kabupaten Bogor pun telah melaksanakan berbagai rangkaian peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2021. Dimulai dari kegiatan Pra HANI yang dilaksanakan BNNP Jawa Barat, Gowes Jabar Bersinar Juara Lahir Batin untuk Indonesia Bersih Narkoba pada tanggal 28 – 29 Mei 2021 di Kabupaten Bogor.

Inti kegiatan tersebut para riders berkeliling 10 Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Barat untuk mengajak masyarakat agar tidak hanya diam dalam memerangi Narkoba di wilayah Kabupaten Bogor.

BNNK Bogor bersama Pemerintah Kabupaten Bogor menyambut riders (Riders Federalist Bandung Indonesia) yang tiba dari Depok di Halaman Setda hingga mengantarkan riders menuju perbatasan Kab. Bogor dan Kab. Cianjur keesokan harinya.

Rangkaian peringatan HANI Tahun 2021 selanjutnya adalah pelaksanaan Turnamen Tenis Meja yang diikuti 17 peserta yang berasal dari instansi pemerintah dan desa. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala BNNK Bogor (Bapak AKBP H. Moh. Syabli Noer, S.H., M.H) dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Juni 2021.

Sebelum kegiatan peserta wajib melaksanakan pengecekan kesehatan dan swab antigen yang dilaksanakan oleh tim medis BNNK Bogor. Protokol kesehatan lainnya juga selalu diterapkan selama jalannya turnamen demi mencegah penyebaran Covid-19.

Memulai dari diri sendiri, BNNK Bogor juga memberikan himbauan anti narkoba kepada peserta turnamen melalui spanduk – spanduk yang dipasang di area pelaksanaan turnamen. Selain itu, tujuan dari turnamen ini adalah menjalin silaturahmi dengan berbagai instansi, lembaga dan desa demi muwujudkan program Desa Bersih Narkoba di wilayah Kabupaten Bogor.

Turnamen Tenis Meja dalam rangka HANI 2021 dimenangkan oleh Desa Srogol diikuti oleh Bapenda Kabupaten Bogor dan Desa Tarikolot diposisi 2 dan 3. Penyerahan piala dan bingkisan kepada juara turnamen diserahkan setelah pelaksanaan puncak HANI pada tanggal 28 Juni 2021 di Kantor BNNK Bogor.

Kepala BNNK Bogor mengucapkan Terima Kasih tak terhingga kepada Bupati Bogor Ade Yasin dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah bersinergi mendukung terlaksananya rangkaian peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2021.

Diharapkan indahnya harmoni dalam sinergitas memerangi Narkoba senantiasa terjalin demi mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Narkoba (Bersinar). RED/KM*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.