Wandik Prihatin Masih Terjadi Aksi Perpeloncoan Seperti di Balai Diklat LHK Rumpin

CIBINONG – Dewan Pendidikan (Wandik) angkat bicara terkait belasan mahasiswa asal Depok yang sempat viral disosial media setelah melakukan perpeloncoan terhadap tiga mahasiswa baru (Maba) di Balai Diklat LHK Rumpin, Kabupaten Bogor.

Ketua Wandik Kabupaten Bogor, Takiyudin Basari menyayangkan adanya perpeloncoan yang dilakukan belasan mahasiswa asal Kota Depok di Balai Diklat LHK Rumpin tersebut.

“Jika dimasa sekarang masih ada aksi perpeloncoan itu sangat disayangkan, dan ini harus ada edukasi dari kampus kepada para mahasiswa. Dan harus di ubah pada sistem, agar kejadian perpeloncoan ini tidak menjadi tradisi tiap ajaran baru,” katanya kepada Pakar, pada Minggu 12 November 2023.

Ia juga membenarkan bahwa aksi perpeloncoan tersebut marak terjadi dimasa lalu, namun menurutnya untuk sekarang hal itu tidak perlu lagi dialami, supaya dapat memajukan generasi yang akan datang.

“Dulu memang ada aksi perpeloncoan, tapi itu dulu. Kalau sekarang menurut saya tidak perlu lagi menggunakan seperti itu, dan kita mendukung pihak kepolisian untuk menyelidiki aksi yang tidak senonoh dilakukan oleh para mahasiswa,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolsek Rumpin, Kompol Sumijo membenarkan bahwa saat adanya perpeloncoan diwilayah hukumnya, sebingga saat ini pihaknya sedang mengkonfirmasi kejadian tersebut di Balai Diklat Kehutanan (BDK) Bogor di Rumpin.

“Anggota kami sedang ke lokasi kantor BDK untuk mengkonfirmasi apa yang dilakukan mahasiswa itu sampai ada kejadian perpeloncoan. Dan kita juga sedang mempertanyakan dalam rangka apa mereka kesian dan mahasiswa mana,” katanya kepada PAKAR, pada Kamis 9 November 2023.

Ia menyebut bahwa kejadian perpeloncoan di BDK LHK Rumpin tersebut terjadi sekitar dua bulan yang lalu.

“Kejadiannya dua bulan yang lalu dan lokasinya di kehutanan. Dan karena videonya ini sudah viral disosial media, segera kita tindak lanjuti,” ungkapnya.

Perlu diketahui Sebuah video dugaan perpeloncoan beredar hingga viral di sosial media dan dalam video tersebut menunjukkan mahasiswa baru alias maba diminta untuk melompat ke kubangan lumpur.

Diduga, peristiwa terjadi di Balai Diklat LHK Rumpin Bogor pada tanggal 20-22 Oktober 2023.

Dan informasi ini juga dibagikan oleh akun Instagram @undercover.id pada Rabu, 8 November 2023.

Dalam video yang ditampilkan, terdapat empat orang mahasiswa baru (mana) seluruh tubuhnya dipenuhi lumuran lumpur dengan menyanyikan sebuah yel-yel dan dibelakang tertampak sejumlah pria berkaos hitam diduga para senior mengawasi.

“Kak kenalin aku mahasiswa di kampus baru yang di GDC. Aku mau ngasih info terkait praktek dugaan perpeloncoan yang dilakukan oleh senior di kampus dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan mahasiswa,” kata sekarang pengunggah di salah satu Sosmed Instagram. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.