Wakili Kabupaten Bogor ke Provinsi Jabar, Desa Ciherang Pondok Optimis Juara

Ketua TP PKK Desa Ciherang Pondok, Hj. Novi saat memberikan penjelasan kepada tim penilai lomba. Ujang | Pakar

CARINGIN – Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, menjadi desa yang mewakili Kabupaten Bogor untuk mengikuti tiga lomba  tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegiatan lomba tersebut diantaranya, lomba Gagah Bencana (Peduli stunting), lomba Prilaku Hidup Bersih sehat (PHBS) dan lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi Jabar pada Juli mendatang.


Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ciherang Pondok, Hj. Novi Variana Wiharsa, mengatakan, warga dan pengurus RT 01,  yang memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap kebersihan di wilayahnya. Kesiapan tersebut ditegaskan ketua PKK, saat acara rapat persiapan di wilayah. “Lomba kebersihan yang akan digelar oleh Pemerintah provinsi Jawa Barat Pada Juli mendatang, kami pemerintah Desa Ciherang pondok, menunjuk RT 01  yang berlokasi di RW 01 untuk maju mewakili Desa Ciherang,” ujarnya kepada Pakar.


Alasan dipilihnya RT 01 tersebut, lanjut dia, karena selama wilayah tersebut benar-benar peduli terhadap masalah kebersihan dan salah satunya bahkan pernah meraih prestasi juara II kebersihan antar Desa tingkat RT yang di selenggarakan oleh PT Tirta Investama Plant Ciherang & Yayasan Pembangunan Citra Indonesia (YPCI) tahun 2022 lalu. “Tanpa perintah ataupun instruksi dari Kades, warga dan pengurus di tiga RT 01 ini rutin membersihkan wilayahnya setiap hari minggu,” jelasnya.


Dia menambahkan, warga di RT 01 tersebut tidak saja memiliki kesadaran dan kepedulian yang tinggi terhadap kebersihan, tetapi juga mencintai lingkungan yang asri dan hijau.
Sedangkan mengenai upaya yang dilakukan agar RT 01 ini kata dia lagi, bisa memenangkan lomba tingkat Provinsi mewakili kabupaten Bogor, sudah beberapa kali peninjauan dari pihak Kabupaten Bogor maupun kecamatan caringin melakukan pertemuan dengan ketua RT 01 dan warga masyarakat untuk mensosialisasikan lingkungan yang asri dan menciptakan kawasan tanpa sampah bebas asap rokok. “Giat Mingsih (Minggu bersih) pun akan kami maksimalkan terutama di RT 01 ini” tambahnya.


Ditempat yang sama, Ketua RT 01 Nawawi, Mengatakan, terkait pengolahan sampah diakui alhamdulillah kami sudah punya Tempat pengolahan sampah (TPS) dengan cara dibakar dengan alat manual seadanya dan sudah terbentuk setahun yang lalu  Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Sampeuran.“Di lokasi unggulan yang sudah ditunjuk oleh pihak Desa dan kecamatan untuk mewakili kabupaten Bogor dalam lomba tingkat Provinsi dan kedepannya akan dipasang spanduk yang menerangkan, inilah wilayah percontohan, untuk memberikan motivasi kepada yang lainnya,” pungkasnya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.