Waka MPR Berharap Pendidikan Kedokteran Hasilkan Dokter Berkualitas

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. (Marhadi | Pakar)

JAKARTA – Revisi Undang-Undang Pendidikan Kedokteran harus menjadi bagian solusi dari permasalahan kesehatan yang dihadapi negeri ini.

“Belajar dari pandemi sampai hari ini, perlu diakui kita memiliki sejumlah kekurangan dalam sistem pelayanan kesehatan yang perlu segera dibenahi,” kata Wakil Ketua (Waka) MPR RI, Lestari Moerdijat, Kamis (18/11/2021).

Rerie menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya di acara Focus Group Discussion bertema Pergantian UU Pendidikan Kedokteran Sebagai Solusi Disrupsi Pelayanan Kesehatan dalam Revolusi Industri 4.0 di ruang Delegasi, Gedung DPR/MPR Jakarta.

Dalam diskusi yang dimoderatori Dr. Irwansyah (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI) itu hadir pula Willy Aditya (Wakil Ketua Baleg DPR RI), Prof. Dr. H. Budi Santoso (Dekan FKIK Universitas Arilangga),  dr. Mariya Mubarika  (Ikatan Dokter Indonesia), Titi Savitri Prihatiningsih, M. Med. Ed, PhD ( Anggota World Federation Of Medical Education) dan dr. Haswan (Forum Dokter Muda Indonesia) sebagai narasumber.

Hadir pula sejumlah pakar dalam FGD tersebut sebagai penanggap. Menurut Lestari, pelayanan kesehatan yang belum maksimal saat ini antara lain disebabkan belum meratanya penyebaran dokter di tanah air.

Bukan karena dokternya tidak mau ditugaskan, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, tetapi memang jumlah dokternya jauh lebih sedikit dari kebutuhan.

Pembenahan pelayanan kesehatan, jelas Rerie,  antara lain bisa dilakukan melalui perbaikan sistem pendidikan, secara spesifik pendidikan kedokteran.

Kemudian, tambah Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, juga diperlukan pembenahan sistem pelayanan kesehatan, dan ketersediaan fasilitas pendukung menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi.

Menurut Rerie, untuk mewujudkan hal tersebut perlu langkah dan gerakan bersama dari para pemangku kepentingan untuk mewujudkan pembenahan dan peningkatan pelayanan kesehatan di tanah air. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.