Wajibkan Siswa Bayar Study Tour, Ukar Sampaikan Hal Ini

Ilustrasi study tour. IST

GUNUNG PUTRI – Salah satu Wali Murid SMK Generasi Mandiri Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, keluhkan sikap sekolah yang mewajibkan membayar study tour.

Wali murid kelas 12 di SMK Generasi Mandiri, Seno menyesalkan sikap pihak sekolah yang mewajibkan membayar iuran study tour sebesar Rp1,6 juta.

“Dari jauh hari kami sudah ada kesepakan tertulis bermaterai (beli di sekolah) kalau diizinkan/diperbolehan tidak mengikuti kegiatan study tour. Tapi kemarin, waktu pengambilan surat kelulusan kami tetap harus bayar walaupun tidak ikut,” ujar Seno kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, dengan biaya sebesar Rp1,6 juta, tentunya sangat membebankan para wali murid, terutama yang ekonomi keluarganya masih di bawah. Ia juga menilai study tour itu tidak ada manfaatnya bagi para murid.

“Kami sampai hutang sana sini, cuma hanya untuk bayar study tour yang tidak ada manfaatnya,” keluhnya.

Tidak hanya itu, pihak sekolah akan menahan surat kelulusan sekolah jika para wali murid tidak membayar biaya study tour.

“Pihak sekolah meminta uang, dan saya bayar 300 ribu. Tapi disaat saya mau ambil surat keterangan lulus seperti ditahan-tahan. Bahkan ada juga wali murid yang mengeluhkan hal tersebut kepada saya, namun takut untuk mengungkapkannya,” cetusnya.

Ia berharap, dengan adanya kejadian kemarin, terkait kecelakaan yang mengakibatkan meninggalnya 9 siswa dan guru SMK Lingga Kencana Depok, pihak sekolah harusnya lebih memperhatikan betul terkait apa yang sudah terjadi diluar sana.

Diketahui, SMK Generasi Mandiri Akan melakukan study tour pada Senin 20 Mei 2023 dengan tujuan Yogyakarta.

Sementara, bagian kesiswaan SMK Generasi Mandiri, Ukar mengaku tidak punya hak untuk menjawab pertanyaan wartawan. “Saya tidak punya hak untuk menjawab, karena saya guru biasa,” singkatnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.