Wajib Sudah Vaksin, Warga Bisa Mudik Gratis di Pemkot Bogor

Warga bisa mendaftar ikut mudik gratis sebelum tanggal 26 April 2022. (Ist)

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) membuka pendaftaran mudik gratis kepada warga. Mudik gratis sendiri adalah program Kementerian Perhubungan yang dimulai 5 April 2022. Sementara, penutupan pendaftaran di Dishub Kota Bogor berakhir 26 April 2022 dan mulai pemberangkatan 28 April 2022.

“Sebanyak 15 bus disediakan berangkat dari terminal Baranangsiang, Kota Bogor,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Eko Prabowo saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/4/2022).

Eko menyampaikan batas pendaftaran mudik gratis Lebaran 2022 menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) bagi masyarakat akan dilayani hingga Selasa (26/4/2022). “Sejak buka 10 April lalu, 100 orang yang telah mendaftar mudik gratis dengan menggunakan bus AKAP dengan tujuan berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ucap Eko.

Sementara itu, Kasi Angkutan Dalam Trayek Dis­hub Kota Bogor Mochamad Yaffies menuturkan, pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan secara daring di website mudikgratishubdat.dephub.go.id atau mendaftar langsung di booth/tenda di Kantor Dishub Kota Bogor, Jalan Raya Tajur, Kota Bogor. “Pendaftar bebas, tidak hanya ber-KTP Bogor, yang terpenting sudah mendapatkan vaksin,” kata Yaffies.

Untuk pemberangkatan dari Bogor akan dilakukan di Terminal Baranangsiang dan bus yang disediakan 15 armada dengan tujuan 14 kota diantaranya Tegal, Semarang, Demak, Boyolali, Solo, dan Klaten. “Bila animo warga banyak yang mendaftar, bisa saja armadanya ditambah. Hanya saja, untuk saat ini 15 bus dengan titik keberangkatan di Baranangsiang,” kata Yaffies.

Untuk diketahui, mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara nasional dilakukan dua tahap , pertama pada awal Ramadhan dengan kuota 10.500 orang dan 350 armada bus.

Kemudian, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan bahwa kuota mudik gratis Lebaran 2022 akan ditambah menjadi 21.000 orang dan 700 armada bus. Dirjen Budi menyampaikan, sekitar 21.000 ribu masyarakat dari wilayah Jabodetabek akan diangkut ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Kemenhub juga menyediakan angkutan bagi 2.000 sepeda motor masyarakat yang ikut mudik gratis. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan dari tanggal 27, 28, dan 29 April 2022. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.