Waduh, Kemenkes Bilang Orang Tervaksinasi Masih Bisa Terpapar Covid-19

16
Bupati Sleman Sri Purnomo saat divaksin yang seminggu kemudian diketahui terpapar Covid-19.(SP/Fuska Sani).

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengingatkan bahwa orang yang sudah divaksinasi masih bisa terpapar Covid-19. Hal itu disampaikan dalam akun Twitter resmi @KemenkesRI.

Kemenkes mengatakan, Vaksin Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan, dan butuh waktu satu bulan untuk menciptakan kekebalan yang efektif bagi tubuh.

“#Healthies pasti bertanya tanya kenapa orang yang sudah divaksin kok malah positif COVID-19? Ingat #healthies, Vaksin COVID-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan, dan butuh waktu satu bulan untuk menciptakan kekebalan yang efektif bagi tubuh,” tulis Kemenkes, Minggu (24/1/2021).

Kemenkes menjelaskan, suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal dan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang terbentuk.

“Vaksin membutuhkan waktu 14-28 hari setelah penyuntikan kedua untuk membangun jumlah antibodi yang optimum supaya memberikan perlindungan yang maksimal,” ujarnya.


Kemenkes memastikan, vaksin Covid-19 telah teruji keamanan, mutu, khasiat dan kehalalannya. Vaksin ini dikembangkan menggunakan metode inactivated vaccine, yang telah terbukti aman, tidak menyebabkan infeksi serius serta hampir tidak mungkin menyebabkan seseorang terinfeksi.

Selain itu, Kemenkes juga mengimbau agar masyarakat tidak lupa mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 meski program vaksinasi telah berjalan sampai saat ini.

“Tak lantas membuat kita lengah menjalankan protokol kesehatan. Sebaliknya, proses vaksinasi harus paralel dengan pelaksanaan 3M dan 3T. Jadi jangan kendor 3M dan lakukan vaksinasi dosis kedua,” tegasnya. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.