Waduh, Ada Tebingan Tinggi di Desa Ini Mau Ambrol

Tebingan setinggi kurang lebih tujuh meter ini nyaris longsor melanda rumah warga di Desa Warung Menteng, Cijeruk, Kabupaten Bogor. Yusman | Pakar

CIJERUK – Tebingan setinggi 7 meter di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk nyaris ambrol akibat adanya pemerataan tanah di atas tanah tersebut. Padahal, ada kurang lebih 4 rumah di bawah tebingan itu.

Saat ini, pantauan Pakaronline dilapangan, tebingan yang nyaris ambrol ini hanya dipasang bambu dan terpal serta seng sebagai penahan tebingan tersebut.

Sementara, di atas tanah itu kegiatan pemerataan tanah masih terus berlangsung.

Kasi Trantib Kecamatan Cijeruk, Habri mengungkapkan, Pol-PP sudah melakukan upaya preventif dengan mendatangi lokasi tersebut dan meminta penanggungjawab proyek tersebut untuk melakukan upaya-upaya pencegahan agar tidak terjadi longsor.

“Dan sekarang sudah dilakukan pemasangan pagar menggunakan terpal dan seng, agar tanah bisa tertahan,” ujar Habri, Kamis (18/2/2021).

Meski demikian, ia mengaku terus memantau kegiatan itu, dan ia sudah menegaskan agar pagar pengaman dibuat yang lebih aman. Sebab, ia khawatir jika hujan turun dengan instensitas lebat, tanah malah rentan longsor.

Sementara, salah satu warga di bawah tebingan yang enggan diberitakan mengaku khawatir dengan adanya kegiatan pemerataan tanah diatas rumahnya. “Lihat saja pak, tuh tanah sudah terlihat mau ambrol, kan bisa kena rumah saya,” ucapnya.

Ia meminta proyek perataan tanah dihentikan sebelum terjadi bencana. “Mending berhenti dulu, sekarang kan musim hujan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.