Vaksinasi Lansia Di Puskesmas Cucangkal Lancar, Target Selanjutnya Guru

Vaksinasi bagi kaum lanjut usia di Puskesmas Cicangkal berjalan lancar. Fahri | Pakar

RUMPIN – Proses penyuntikan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) di Puskesmas Cicangkal Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, telah dilakukan dan berjalan lancar.

Kepala Puskesmas dokter Tatik Yuniar mengatakan, ada sebanyak 70 orang lansia yang terdaftar dan yang bisa divaksin 64, sisanya 6 orang di tunda karena, saat uji skrining kesehatannya tidak lolos.

“Vaksinasi untuk par lansia di Puskesmas Cicangkal sampai Sabtu mendatang. Setelah lansia nanti giliran vaksinasi para guru, kemungkinan di pusatkan di Puskesmas Rumpin,” ungkap dokter Tatik sapaannya, kepada wartawan, Kamis (10/3/2021).

Ia menambahkan, pendtaaan dan pendaftaran warga yang akan disuntik vaksin dilakukan melalui pengajuan dari para kader posyandu, pemerintah desa dan juga yang mendaftarkan secara langsung sendiri ke Puskesmas.

“Kita juga melakukan sosialisasi melalui media sosial untuk pendaftaran suntik vaksinasi, sehingga mereka (warga lansia) ada yang datang sendiri dan juga ada yang melalui pemerintah desa serta kader,” tuturnya.

Lanjut Tatik, vaksinasi kelompok usia lansia ini dari usia 60 – 70 tahun. Para lansia yang divaksinasi di Puskesmas Cicangkal mencakup warga dari lima wilayah desa yaitu Desa Tamansari, Sukamulya, Mekarsari, Kertajaya dan Sukasari.

Tatik menambahkan, para lansia tersebut sangat antusias mengikuti vaksinasi, buktinya mereka yang punya penyakit saja ingin divaksin. Namun jika ada kendala kesehatan, kami berikan pemeriksaan lebih lanjut dan harus melewati skrining.

“Misalnya gula darahnya tinggi, harus diobati dulu gula dan membawa pengantar dari dokter hasil tes cek gula dan tensi darahnya tinggi diobatin dulu jika sudah bagus baru bisa disuntik vaksin,” pungkasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.