Vaksinasi Kolaborasi Targetkan Suntik 600 Warga di Kabupaten Bogor

Warga saat mengikuti vaksinasi yang digelar PROKAMI. Firman | Pakar

CIBINONG – PROKAMI Kabupaten Bogor melakukan Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di SDIT Harapan Ummat, Sukahati Cibinong, Kabupan Bogor. Kegiatan yang mengusung tema, Vaksinasi Kolaborasi Untuk Sehatkan Negeri, menargetkan peserta mulai dari usia 12 tahun ke atas.

Ketua PROKAMI Bogor Raya Dr Eneng Widaningsih Iriani mengatakan, pandemi Covid-19 memasuki tahun ke-2 melanda dunia, termasuk juga Indonesia. Pandemi telah berdampak pada merosotnya sektor kesehatan, ekonomi, pariwisata, industri, keamanan serta sistem pendidikan yang berjalan tidak optimal.

“Kita semua harus bangkit, bersatu dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah ini. Berbagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, menurunkan angka kesakitan dan angka kematian Covid-19 sebagai tantangan baru,” ungkapnya kapada Pakar Online, Minggu (5/9/2021).

Menurutnya, bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan ataupun Dinas Kesehatan namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat yang ada. “PROKAMI Bogor Raya merasa terpanggil untuk turut berkontribusi membantu pemerintah meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19,” tegasnya.

PROKAMI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, IKADI, Salimah, Yayasan Nahwa Nur, Yayasan Harapan Ummat, APPI dan Pro Emergency mengadakan vaksinasi massal sebanyak 600 peserta pada hari Minggu, 5 September 2021.

“Vaksin yang digunakan Pfizer. Harapan Kami, kolaborasi ini bisa mengoptimalkan segenap potensi yang ada untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya membantu meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Kegiatan vaksinasi ini sebagai kelanjutan dari pertemuan Bupati dalam Rapat Koordinasi, Rabu (18/8) dengan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bagian Kesra Setda, Bakesbangpol dan organisasi profesi bidang kesehatan Kabupaten Bogor. Organisasi profesi yang diundang adalah IDI, PDGI, PPNI, IBI, PERSI), Asklin, ARSSI dan PROKAMI sendiri. Rakor dilakukan dalam rangka percepatan
vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, serta optimalisasi pengendalian Covid-19.

Dalam kesempatan rakor tersebut PROKAMI menyampaikan usulan percepatan vaksinasi melalui pendekatan keagamaan berjejaring dengan majelis taklim, dewan masjid dan sekolah Islam terpadu, Kegiatan Vakinasi ini adalah serangkaian kolaborasi yang telah dan akan dilakukan PROKAMI dalam rangkaian 3 kegiatan dengan Ma’had As Salam (29/8), Vaksinasi Kolaborasi (5/9) dan rencana kolaborasi Yayasan Ummul Quro pada tanggal 18 sampai 19 mendatang.

“Setelah pertemuan tersebut maka PROKAMI melanjutkan komitmen kontribusinya dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta berbagai elemen masyarakat hingga terlaksananya acara Vaksinasi Kolaborasi,” tutupnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.