Vaksinasi Anak Belum Bisa Dilaksanakan di Kabupaten Bogor

Ilustrasi vaksin Covid-19. IST

CIBINONG – Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Bogor belum bisa terlaksana. Musabab, surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum diterima dan meminta wilayah ini untuk melaksanakan vaksinasi.

“Untuk vaksin anak usai 6 hingga 11 tahun ini kita harus lihat edaran kemenkes ya. Karena yang kami tahu itu baru berlaku di beberapa daerah saja. Terutama di daerah yang capaian vaksinasinya sudah di atas 70 persen,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana, Selasa (14/12).

Adang menyebutkan, beberapa daerah yang mulai melaksanakan vaksinasi anak di antaranya Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Ciamis serta beberapa daerah lainnya.

Menurut Adang, jika merujuk pada target yang diberikan pusat, capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor baru sekitar 58 persen. Dengan kondisi itu, kemungkinan pelaksanaan vaksinasi anak dilaksanakan pada tahap dua atau ketiga.

“Kalau Kabupaten Bogor masuk tahap dua atau tiga, karena surat dijelaskan bahwa yang minimal lebih dari 70 persen,” jelasnya.

Selain itu, Adang mengatakan jika pihaknya juga masih menunggu keputusan dari pusat berkaitan dengan data penerima vaksinasi. Namun hingga saat ini rilis dari pusat belum diterima.

Padahal, kata dia, ketika data itu dibuka maka sasaran akan muncul di sistem.

“Nanti untuk umur 6-11 nanti akan masuk di sistem datanya dan kedua vaksinnya menggunakan coronavac dibuat di biofarma,” tuturnya.

Sebetulnya, kata Adang, data biasanya langsung dari pusat dengan menggunakan data Badan Pusat Statistik (BPS). Karena, di daerah masih mencoba memperbaiki data tersebut berbeda data yang digunakan pusat yakni tahun 2019.

“Yang jelas dasarnya menunggu edaran dari kemenkes terlebih dahulu untuk menggelar vaksin anak,” kata Adang.

Sementara Bupati Ade Yasin menegaskan wilayah Bogor belum menggelar vaksin anak, dan masih tahap fokus pada pelaksanaan vaksinasi secara umum.

“Vaksin anak baru tahap satu, belum mulai di Kabupaten Bogor, tapi yang jelas nanti akan kita mulai tahap berikutnya,” kata Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.