Usulkan Puskesmas Cibungbulang Jadi RSUD, ini Kata Anggota Dewan

CIBUNGBULANG – Pukesmas Cibungbulang mendapatkan dorongan dan diusulkan untuk menjadi Rumah Sakit Umum Derah (RSUD). Salah satu pengalamannya karena wilayah dapil 4 belum memiliki RSUD, sehingga Puskemas Cibungbulang layak dan terus mendapatkan dukungan dari anggota DPRD Kabupaten Bogor.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Lukmanudin Ar Rasyid mengatakan, perlu peningkatan status Puskesmas Cibungbulang menjadi RSUD untuk peningkatkan pelayanan di masa pandemi.

“Saya mengharapkan, di era pandemi ini didiskusikan oleh dinas kesehatan, apakah mungkin puskesmas Cibungbulang dinaikan statusnya menjadi RSUD,” ujarnya, Rabu (10/3/2021).

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bogor tengah melakukan refocusing anggaran kepada penanggulangan Covid-19. Tentunya Lukman menilai hal tersebut bisa dijadikan momen untuk membahas rencana pembangunan RSUD di wilayah Dapil IV. Pasalnya, hanya di wilayah itu yang belum memiliki rumah sakit daerah.

Seperti di Dapil I punya RSUD Cibinong, Dapil II punya RSUD Cileungsi, Di Dapil III ada RSUD Ciawi. Lalu di Dapil V ada RSUD Leuwiliang dan yang sedang dibangun RSUD Parung di Dapil VI.

Selain itu, di masa pandemi ini, jika Kabupaten Bogor kekurangan ruang isolasi, Puskesmas Cibungbulang bisa dirubah menjadi ruang isolasi. Otomatis, sambung Lukman, akan ada anggaran yang tertuju ke sana. Dan itu tentunya menjadi persiapan menuju perubahan puskesmas menjadi RSUD.

“Kenapa di Cibungbulang, karena kalau melihat dari potensi luas wilayah lahan, posisi jalan yang strategis, itu masih sangat murah untuk pembebasan,” jelasnya.

Terpisah, Camat Cibungbulang, Yudi Nurzaman mengatakan, perubahan status puskesmas menjadi RSUD itu kewenangan Dinas Kesehatan yang mengajukan kepada Bupati dan Bupati sendiri yang akan memutuskan berdasarkan hasil kajian tim.

“Tentunya perubahan status ini perlu karena puskesmas akan menjadi otonomi, memiliki independensi dan juga meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tandasnya saat melalui via telepon. “Kita akan menunggu hasilnya saja, dan kita tinggal menunggu hasil dari dinas kesehatan,” tambahnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.