Usulan Pembangunan Bidang Infastruktur Masih Mendominasi Musrenbang Desa Parigi Mekar

Pelaksanaan kegiatan Musrenbang Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng. Fahri | Pakar

CISEENG – Pemerintah Desa (Pemdes) Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng baru saja selesai melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang v pertemuan kantor Desa Parigi Mekar tampak dihadiri oleh jajaran Muspidez yaitu Kepala Desa Parigi Mekar Ade Syaripudin, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua LPM, Ketua BPD, Kepala Dusun, Ketua RW dan RT serta sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda.

Musrenbang Desa Parigi Mekar juga dihadiri oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Ciseeng Agus Sopian, didampingi oleh Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasi Ekbang) Kecamatan Ciseeng, Lukman Ariandi, S. IP.

“Dari usulan kegiatan yang diajukan dalam musrenbang desa, sebagian besar wilayah masih mengajukan usulan soal pembangunan infrastruktur seperti jalan, TPT, drainase dan lainnya. Namun ada pula usulan di bidang pemberdayaan masyarakat,” ungkap Ade Syaripudin, Kades Parigi Mekar, Kamis (30/9/2021).

Sementara itu, Kasi Ekbang Kecamatan Ciseeng, Lukman Ariandi menjelaskan, giat Musrenbang Desa Parigi Mekar menjadi kegiatan desa yang kesembilan di Kecamatan Ciseeng dalam acara Musrenbang Desa Tahun 2021.

“Giat berjalan lancar dan sesuai dengan tahapan yang telah di tetapkan dalam Permendes PDTT No.21 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa,” ucap Lukman, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, realisasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan yang tertuang dalam APBDesa Parigi Mekar tahun 2021 sudah mencapai tahap 60 persen, walaupun ada beberapa kegiatan yang anggarannya harus dialihkan kepada penanganan Covid-19.

“Usulan kegiatan yang tadi disampaikan oleh peserta Musrenbang Desa yang kegiatannya menjadi kewenangan Pemkab Bogor, sudah kami akomodir di kecamatan. Diantaranya pembangunan SDN Parigi Mekar dan SDN Ciseeng 01 serta pembinaan dan bantuan modal bagi Kelompok Perikanan dan Kelompok Pandai Besi,” tukas Lukman. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.