Usai Santap Olahan Oncom, Ibu dan Anak di Cianjur Meninggal Dunia

Rumah duka ibu dan anak yang meninggal dunia karena keracunan setelah menyantap oncom. (ENDI)

CIANJUR – Diduga mengalami keracunan olahan oncom satu keluarga di Kelurahan Sayang Kecamatan/Kabupaten Cianjur mengalami muntah-muntah. Kejadian tersebut mengakibatkan ibu dan seorang anak meninggal dunia. Berdasarkan informasi yang dihimpun, berawal ketika keluarga tersebut, diberi oncom oleh tetangganya. Sebelum diolah dan dikonsumsi, oncom terlebih dahulu disimpan selama dua hari.

“Dikasih, tapi sama istri saya tidak langsung dimasak namun disimpan dulu. Senin (1/2/2021) oncom baru dimasak, dengan cara dibakar dibuat tutug oncom (Nasi digado dengan oncom),” ujar Dedi Sunardi (55) salah seorang korban keracunan, Kamis (4/2/2021).

Dedi menjelaskan, anggota keluarganya ada lima orang. Namun, yang memakan olahan oncom hanya tiga orang, dirinya, sang istri Aidah (45) dan anak sulungnya Fuji (20). “Sebab tidak suka, dua lagi anak saya tidak makan. Karena makan hanya nasi dan oncom,”ujarnya.

Dirinya, lanjut Dedi, mulai mengalami keringat dingin disertai muntah-muntah dan rasa pusing pada selasa (2/2/2021). “Saya yang merasakan gejalanya pertama, istri dan anak saya belum mengalaminya. Sempat dirawat sama istri dan dipijitin,”katanya.

Setelah dirinya, disusul malam harinya oleh sang istri dengan gejala serupa. Bahkan disertai juga diare parah. “Rabu (3/2/2021) pagi, sempat diinfus oleh bidan. Katanya kekurangan cairan. Sore harinya istri saya meninggal,” kata dia.

Menurutnya, anak sulungnya baru menunjukan gejala pada Rabu malam. Serta langsung dibawa ke rumah sakit. Namun, pada Kamis (4/2/2021) pagi sekitar pukul 08.09 Wib, anak sulungnya itu meninggal dunia. “Iya tadi pagi meninggal dunia,” kata dia.

Dedi menaduga jika keluarganya keracunan olahan makanan oncom tersebut. “Kemungkinan dari makan oncom. Karena setelah itu tidak makan yang lain. Saya juga sempat ngobrol itu sama istri, tapi istri saya bilang tetap bersangka baik. Karena kan sering juga makan oncom dan tidak kenapa-kenapa,” kata dia. Di sisi lain anggota Polres Cianjur tampak sudah berada di rumah korban. Beberapa orang, termasuk tetangga dan Ketua RT pun masih dimintai keterangan. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.