Usai PKL Ditertibkan, Pengamat Sarankan Pembukaan Rute Angkutan Umum Baranangsiang-Rest Area Puncak

Kemacetan di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Upaya penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam menata kawasan wisata Puncak, ikut ditanggapi Pengamat transportasi Djoko Setijowarno.

Djoko menilai upaya penertiban yang dilakukan tersebut harus didukung pula dari segi transportasi yang mumpuni.

Djoko menyarankan adanya pembangunan rute angkutan umum berupa bus dari Terminal Baranangsiang Kota Bogor ke Rest Area Gunung Mas, Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat akhir pekan.

Dia menyebut bahwa Pemkab Bogor bisa berkolaborasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Pemerintah Kota Bogor untuk merealisasikan rute tersebut.

“Bus (kapasitas) sedang, cukup. Diharapkan arus lalu lintas menjadi lebih lancar dan parkir di tepi jalan harus hilang,” ujar Djoko kepada wartawan, Senin (1/7/2024).

Kemudian, lanjutnya, ketika angkutan umum telah tersedia, Pemkab Bogor bisa menyediakan angkutan pengumpan atau feeder ke kawasan pedesaan maupun ke berbagai destinasi wisata di Kawasan Wisata Puncak.

Di samping itu, Djoko menekankan pentingnya petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor untuk konsisten melakukan penertiban di kawasan tersebut.

“Alhamdulilah Puncak mulai tertib. Satpol PP Kabupaten Bogor tetap kontinu dan konsisten melakukan penertiban jika ada bangunan di tepi jalan langsung dibereskan,” jelas Djoko.

Sebelumnya diketahui, Pemkab Bogor melakukan penertiban PKL di kawasan wisata Puncak pada Senin (24/6/2024). Upaya tersebut sempat mendapatkan penolakan dari para pedagang.

Namun usai penertiban, Pemkab Bogor melakukan sejumlah formulasi agar dagangan para PKL yang ditertibkan dan direlokasi ke Rest Area Gunung Mas Puncak itu tetap laku terjual. Salah satunya yakni pengalihan arus saat sistem satu arah atau one way diterapkan.

Upaya itu pun sedikit membuahkan hasil. Diketahui, kemarin, Minggu (30/6/2024), Rest Area Gunung Mas Puncak mulai banyak didatangi pengunjung yang dialihkan oleh petugas saat One Way menuju Jakarta diterapkan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.