Urban Village, Telkom University Datangi Industri Keramik di Purwakarta

0
386

PURWAKARTA – Marketing Communication Telkom University, menyelenggarakan Urban Village dengan melibatkan ratusan pelajar SMK di Purwakarta, Jawa Barat.

Marketing Purwakarta Elok, Andi Halifa menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan. Untuk tahun ini, mengusung tema pengembangan dan pelestarian budaya pembuatan keramik tradisional.

“Urban Village tahun ini mengangkat tema Harmony Of West Java. Dimana salah satu kegiatannya yakni social campaign pelatihan pembuatan keramik bagi pelajar SMKN 1 Sukatani, dan SMK Tunas Bangsa,” ucap Andi dalam keterangan tertulis kepada pakuanraya.com.

Dikatakan Andi, kegiatan ini diselenggarakan bersama UPTD Litbang Keramik Plered Purwakarta, dan Komunitas Telkom setempat.

“Kegiatan diisi mulai dari sosialiasi mengenai keramik, praktik pembuatan, dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada para pihak yang terlibat,” tuturnya.

Kepala UPTD Litbang Keramik Plered Bambang mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Terlebih konsep yang dipilih merupakan pelestarian kerajinan budaya lokal setempat.

Diakuinya, seiring berjalannya waktu hingga saat ini, perajin keramik terutama di Desa Plered terus berkurang.

“Saat ini, yang menjadi kendala ketika akan mengeskpor keramik adalah karena keterbatasan perajin keramik yang tiap tahunnya mulai berkurang, sehingga kuota pemesanan seringkali tidak terpenuhi,” ungkap Bambang.

Dia berharap, dengan adanya program ini yang bisa dikembangan secara berkesinambungan, akan menumbuhkan minat serta bakat dari generasi muda, untuk melestarikan budaya hasil karya seni keramik ini.

“”Harapan kami setelah diadakannya sosialisasi dan workshop keramik ini, masyarakat terutama generasi penerus dapat menyadari besarnya peluang Desa Plered menjadi sentra keramik terbesar di Indonesia, sehingga dapat mendatangkan wisatawan baik lokal sampai mancanegara,” harap Bambang.

IQBAL RUKMANA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.