UPN Veteran Jakarta Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat di SD An-Nur

Kegiatan pengabdian masyarakat dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta berupa penyuluhan kesehatan di SD Islam An-Nur Desa Cibinong Kecamatan Gunungsindur. Fahri | Pakar

GUNUNGSINDUR – Guna melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, jajaran Dekan dan Dosen serta 45 mahasiswa/i dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Jakarta mengadakan giat pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kesehatan tentang gizi dan higienitas bagi pelajar Sekolah Dasar.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Komite Sekolah dan jajaran pimpinan SD Islam An-Nur yang berlokasi di Perum Puri Husada Depkes Desa Cibinong Kecamatan Gunungsindur. Kegiatan itu mengusung tema “Pojok Seimbang Gizi dan Hygiene Sebagai Implementasi Revitalisasi UKS Melalui Jaringan Komunikasi”.

Agustina, SKM, MKes., selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UNPV Jakarta,
menjelaskan, kegiatan itu merupakan implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Giat pengabdian masyarakat ini melibatkan mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) serta 4 orang dosen dan dekan.

“Kami berharap dengan giat ini para mahasiswa dan mahasiswi UPNV bisa memberikan dan mempraktekkan ilmu yang mereka dapat di bangku kuliah untuk disampaikan kepada adik – adik pelajar di sekolah ini,” ungkap Agustina, SKM, MKes., Senin (22/5/2023).

Sementara Desmawati, SKp., MKep., Sp. Mat., Ph.D, Dekan FIKES UPNV Jakarta menjelaskan, selain dirinya, empat orang tim pengarah tersebut adalah Agustina SKM, MKes sekaligus sebagai Ketua Tim Pemgmas, Dra. Anik Irawatie, MSi dan Dra. Rini Riyantini, MSi.

“kegiatan pengabdian masyarakat dari UPNV Jakarta terus rutin dilakukan dan tidak hanya di Bogor, tapi di sejumlah tempat dan daerah lainnya. Tujuan inti dari kegiatan ini adalah memberikan kontribusi peran perguruan Tinggi dalam upaya peningkatan kesejahteraan dari warga masyarakat, khususnya bidang kesehatan ,” papar Desmawati.

Hampir senada, Dra. Anik Irawatie, MSi mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk jaringan komunikasi di sekolah melalui murid – murid agar mampu menyampaikan informasi soal kesehatan kepada rekan – rekannya. “Jadi kita bentuk duta – duta informasi kesehatan di sekolah ini,” ujar Anik.

Ilyasa Divanri, Ketua Panitia Kegiatan Pengmas UPNV Jakarta mengaku jika dirinya bersama seluruh mahasiswa/i yang terlibat langsung dalam giat itu merasa sangat senang dan bangga bisa mendapatkan pengalaman berharga. “ya tentu ini pengalaman penting bagi kami. Senang dan bangga bisa bercengkrama dengan adik – adik kami di sekolah ini,” imbuh mahasiswa semester 2 jurusan Kesmas di Fikes UNPV Jakarta ini.

Sedangkan Kepala SD Islam An-Nur, Dra Yanti Khairiyah MM. mengaku sangat berterimakasih dan bahagia menjadi mitra kegiatan pengabdian masyarakat dari kampus UPNV Jakarta. “tadi ada 200 lebih murid yang mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan ini. Tentu sangat berguna bagi para pelajar karena bisa menambah ilmu dan pengetahuan,” tukasnya. FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.