Untuk Kesejahteraan Sosial, Wagub Tegaskan Pemprov Jabar Siap Dukung Pembangunan RSUD Parung

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum. Fahri | Pakar

KEMANG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) komitmen terus mendukung semua aspirasi masyarakat dan program Pemkab/Pemkot di wilayah Jawa Barat yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum saat diminta tanggapannya oleh media terkait rencana pembangunan RSUD Parung yang ada di wilayah bagian utara Kabupaten Bogor.

Saat melakukan kunjungan safari Ramadan di Ponpes Miftahul Arsyad, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Selasa (20/4/2021), Wagub Uu mengungkapkan bahwa Pemprov Jabar telah membangun beberapa rumah sakit di wilayah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Sepanjang ada peluang, Pemprov Jabar akan terus memberikan dukungan terhadap peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Termasuk pembangunan RSUD Bogor Utara. Jika tanah (lahan) nya sudah ada, tentu Pemprov akan membantu pembangunan RSUD tersebut,” tegas Uu.

Ia menjelaskan, saat ini tinggal bagaimana Pemkab Bogor terus mengoptimalkan komunikasi dan koordinasi dengan Pemprov Jabar. Menurutnya, setiap ada program pembangunan kesejahteraan sosial bisa ditangani dengan berbagi tugas antara Pemkab/Pemkot dengan Pemprov Jawa Barat.

“Kalau orang sunda menyebutnya “rereongan” atau bahu membahu. Pemkab bantu apa, pemprov bantu apa? Karena sarana prasarana sangat penting demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ucap politisi PPP ini.

Wagub Uu juga menegaskan, Pemprov Jabar berkomitmen membangun kesejahteraan sosial terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dari implementasi visi misi Gubernur Ridwan Kamil dan Wagub Uu Ruhzanul Ulum dalam program Jawa Barat Juara Lahir Batin.

Saat ditanya estimasi kebutuhan anggaran pembangunan RSUD yang mencapai angka 1,7 triliun rupiah dan saat ini Pemprov Jabar hanya menggelontorkan dana bantuan sebesar 112 miliar rupiah, Wagub UU mengatakan ini karena adanya refocusing anggaran Covid-19.

“Iyah makanya masyarakat harus taat protokol kesehatan, agar wabah covid segera usai. Insya Allah tahun 2021 ini akan ada penambahan anggaran. Intinya pemprov Jabar siap mendukung pembangunan RS di Bogor Utara,” tandasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.