Universitas Djuanda Punya Kantin Halal Kreasi Matepa

0
28

BOGOR – Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPH) Universitas Djuanda (Unida) Bogor, kenalkan program kantin halal pertama di Indonesia yang diberi nama “Kreasi Matepa”.

Guru Besar FIPH Unida, Mardiah menerangkan, program ini merupakan pengelolaan dari hibah pendanaan penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk program pengembangan usaha produk intelektual kampus (PPUPIK).

Selain itu, merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus media mahasiswa yang mau berwirausaha bidang kuliner. “Supaya mereka punya bekal yang real ketika nanti mulai usahanya sendiri,” ujarnya kepada pakuanraya.com, Selasa (27/11/2018).

Mardiah pun mengklaim, kantin yang didirikan di lingkungan kampus ini, memiliki keunggulan rasa yang lebih enak dan harga yang lebih murah dibandingkan brand ternama lainnya.

“Produk yang dijual merupakan hasil penelitian para dosen dan mahasiswa. Salah satunya penganan yang dibuat dari tanaman Rosela,” bangga dia.

Mardiah pun mengatakan akan segera mensertifikasi makanan dan minuman yang dijajakan di Kantin Kreasi Matepa.

Rektor Unida, Dede Kardaya mendukung penuh keberadaan unit kantin sehat tersebut. Diharapkan keberadaannya dapat memfasilitasi produk halal di lingkungan kampus dan sekitarnya. Juga menjadi objek pelatihan manajerial bagi para mahasiswa jurusan Teknologi Pangan dan Gizi.

“Program ini membekali mahasiswa dengan keilmuan dan praktik langsung bagaimana membuat, menjual produk dan manajemen industri, juga membuat manual Sistem Jaminan Halal sesuai dengan lingkup bisnis dan mengimplementasikannya dalam bentuk kerja nyata,” tutup Dede.

IQBAL RUKMANA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.