Unida Bentuk Podcast Akunasik Kembangkan Sistem Pembelajaran Mahasiswa

Podcast Akunasik yang dibentuk Unida Bogor dalam mendukung sistem pembelajaran mahasiswa. (Dok.Unida)

CIAWI – Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Djuanda (Unida) Bogor, membentuk Podcast Akunasik sebagai pengembangan produk inovasi media pembelajaran mata kuliah akuntansi dasar.

Program hibah riset keilmuan yang diberikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) itu, ditujukan untuk mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah akuntansi dasar.

Salah satu pengampu mata kuliah akuntansi dasar, Mas Nur Mukmin mengatakan, Podcast Akunasik dibentuk merujuk pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa peralihan dari penggunaan papan tulis dan layar sebagai media pembelajaran konvensional pada akuntansi dasar ke dalam media pembelajaran digital, masih mengalami berbagai kendala. Mulai dari penguasaan teknologi, koneksi internet, dan penguasaan metode pembelajaran daring yang disebabkan tidak terbiasa penggunaan metode tersebut.

Namun pada era saat ini, dia menyebutkan jika lembaga pendidikan harus inovatif. Karena
minat pelaksanaan hybrid learning yang berbasis dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) pada pendidikan tinggi, semakin meningkat pasca Pandemi Covid-19.

“Riset ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas distance learning yang bermitra dengan Program Studi Akuntansi Unida. Riset hibah keilmuan LPDP ini menghasilkan rancangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Publikasi ilmiah, HKI, dan video sebagai bagian dari luaran kegiatan”, kata Mas Nur Mukmin dalam keterangan tertulis yang diterima PAKAR, Senin (19/9/2022).

“Kami mengucapkan terimakasih atas hibah Riset Keilmuan yang didanai LPDP, dan pimpinan UNIDA yang telah mendukung program ini sehingga riset kami dapat dilakukan sesuai dengan luaran yang diharapkan nantinya”, sambungnya.

Dengan kondisi itu, Mas Nur Mukmin menilai, dosen dan mahasiswa memerlukan kemudahan dalam melaksanakan proses pembelajaran yang dapat diakses dengan mudah baik dengan koneksi internet maupun tidak.

Dimana kemudahan akses perkuliahan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja menjadi salah satu media efektif dan digemari bagi dosen maupun mahasiswa.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh dirinya dengan Rasmitadila dan Dwi Andini Putri, diperlukan kolaborasi yang tepat antara keilmuan akuntansi, pendidikan dan teknologi informasi untuk mengembangkan media pembelajaran berupa podcast.

“Pengembangan media pembelajaran untuk mata kuliah akuntansi dasar sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran daring pada mata kuliah inti, penting untuk dilakukan. Diharapkan produk ini dapat menjadi solusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran daring, khususnya mata kuliah akuntansi dasar,” jelas Mas Nur Mukmin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.