Umroh Dilonggarkan, Puluhan Ribu Calon Jemaah Haji Masih Harus Bersabar

Ilustrasi ibadah umroh. IST

CIBINONG – Kebijakan pelonggaran ibadah umroh yang diberikan Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi, tidak membuat para jemaah haji di Kabupaten Bogor bisa bernafas lega.

Kasi Haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Muslimin mengaku sudah mendengar kabar tersebut. Kebijakan itu pun, kata dia, baru diprioritaskan bagi jemaah umroh.

“Informasinya sudah boleh untuk umroh, tapi kita juga belum melakukan pendataan untuk jemaah umroh yang nantinya akan berangkat,” kata Muslimin, Senin (18/10/2021).

Sementara untuk jemaah haji, Muslimin menyebut ada sebanyak 73.175 orang yang mendaftarkan diri kepada Kemenag Kabupaten Bogor hingga 8 Oktober lalu.

Jika nantinya dibuka kloter haji, Muslimin mengaku akan memprioritaskan mereka yang masuk pada tahun 2020 yang tertunda keberangkatannya akibat Pandemi Covid-19.

“Untuk administrasi, pelunasan biaya haji tahun 2020 tahap satu dan dua itu sebanyak 3.598 orang. Sementara kuota Kabupaten Bogor setiap tahunnya itu untuk 3.421 orang. Berarti masih ada sebanyak 69.754 orang yang belum berangkat. Itupun kalau jumlahnya tidak bertambah lagi,” paparnya.

Untuk pemberangkatan jemaah haji, Muslimin mengaku sudah mendengar kabar jika pemerintah akan mulai memberikan kebijakan ditahun depan.

Jika itu benar, maka jemaah haji yang akan berangkat merupakan jemaah haji yang mendaftar pada tahun 2012-2013 dengan rata-rata usia 60 tahun.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nizar optimistis pemberangkatan jemaah haji Indonesia pada penyelenggaraan tahun 1443 H/2022 M sudah bisa dilakukan. Untuk itu, dia meminta tim manajemen krisis untuk kembali mempersiapkan skenario pemberangkatan.

“Tahun ketiga pandemi, saya optimistis Indonesia akan memberangkatkan jamaah haji. Skema pemberangkatan dan mitigasi penyelenggaraannya harus kembali disiapkan tim manajemen krisis” ujar dia.

“Saya malah berharap di tahun ketiga ini, haji bisa diselenggarakan dalam kuota normal, 100 persen,” ungkapnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.