Ular King Kobra 3,5 Meter Diamankan Diatap Rumah Warga di Cianjur

Petugas Damkar Cianjur saat menangkap ular King Kobra sepanjang 3,5 meter dari salah satu rumah warga. Endi | Pakar

CIANJUR – Warga Kampung Joglo Desa Sindangsari Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur digegerkan dengan kemunculan ular king kobra sepanjang 3,5 meter, Minggu (8/8/2021).

Informasi yang dihimpun, awalnya seorang warga melihat ular berukuran besar merayap di atas atap rumah warga. Semula warga hendak menangkap ular tersebut, namun kemudian mengurungkan niatnya lantaran ular sepanjang 3,5 meter itu ternyata ular king kobra.

Warga pun langsung menghubungi pemadam kebakaran untuk menangkap dan mengevaluasi ular berbisa tersebut. “Kami dapat laporan adanya ular di pemukiman warga pada Sabtu (7/8/2021) malam sekitar pukul 21:00 Wib. Tim Damkar Ciranjang dibantu Damkar Cianjur khusus evakuasi ular pun diberangkatkan ke lokasi,” ujar Danru Kebakaran Ciranjang Ajat Sudrajat saat dihubungi melalui telepon selular, Minggu (8/8/2021).

Menurutnya, setelah sekitar 5 jam pencarian dan proses penanganan, ular king kobra tersebut akhirnya berhasil dievakuasi. “Proses evaluasi memakan waktu 5 jam. Petugas sempat kesulitan mencari keberadaan ular, karena kondisinya gelap dan minim penerangan. Ular itupun ditemukan di atas pohon dan langsung dievakuasi,” kata dia.

Ajat menjelaskan ular king kobra itu langsung dibawa ke markas Pemadam Kebakaran. Rencananya ular dilepaskan kembali ke alam liar yang jauh dari pemukiman. “Kita akan lepaskan lagi, tapi di lokasi yang jauh dari pemukiman agar tidak membahayakan warga, mengingat ular ini memiliki bisa yang mematikan,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.