UCP Roda Evaluasi Bantuan Bibit ke KTH Disabilitas di Cijeruk

Proses monitoring dan evaluasi serah terima pembibitan dari UCP Roda ke KTH Disabilitas di Cijeruk. Ujang | Pakar

CIJERUK – Paska penyerahan dan penanaman 30.000 bibit tanaman satu tahun silam yang dilakukan, Kelompok Tani Hutan (KTH) Disabilitas Kecamatan Cijeruk  bantuan dari direktur UCP Roda Untuk Kemanusiaan Indonesia. Dilakukan evaluasi dan menyerahkan laporan hasil monitoring dan evaluasi kepada kepala Desa Cipelang tersebut  disaksikan Camat Cijeruk, karang taruna, dan juga pengurus kelompok tani disabilitas Cipelang, penyerahan laporan dilaksanakan kampung Cihideung RW 02.


Damaijanti Teguh, direktur UCP Roda Untuk Kemanusiaan Indonesia, mengatakan, setelah satu tahun penanaman pohon yang diberikan kepada para petani khususnya penyandang disabilitas, selanjutnya selesai ditanam maka UCP menyerahkan laporan, telah selesainya program bantuan bibit untuk kelompok petani, kepada kepala Desa Cipelang. “Kita serahkan laporan bahwa kita telah selesai menyerahkan bantuan bibit tanaman pada tahun lalu( 2022) kepada kelompok tani, karena lokasinya dan untuk petani desa Cipelang, maka kami menyerahkan laporannya kepada kepala Desa,yang menandakan bahwa program kami telah selesai,” ujarnya kepada Pakar.


Bahkan Damaijanti mengapreasi, kepada masyarkat kelompok tani, bibit yang telah ditanam, telah dirawat dan ditanam, dengan luas lahan yang ditanami 30.000 bibit, sekitar kurang lebih 35 hektar, program penanam bibit pohon berjalan dengan baik, karena kerja sama antara Pemdes, Karang taruna, kelompok tani penyandang disabilitas, dan kelompok tani lainya, sehingga program ini dapat berjalan sesuai rencana. “Perkembangan bibit cukup baik, walau ada bibit yang kurang sukses, tetapi kita maklum karena musim kemarau, jadi pertumbuhannya lambat juga, namun kami salutnya, bahwa kelompok tani disabilitas konsisten, tetap berusaha menjaga dan merawat bibit tersebut,” paparnya.


Sementara itu, Cijeruk Moch Sobur Mansoer, mengapreasi kepada pihak ke Tiga, atau UCP Roda Untuk Kemanusiaan Indonesia, yang telah peduli kepada masyarakat Desa Cipelang, khususnya penyandang disabilitas, dan bantuan bibit tanaman ini juga bermanfaat untuk mencegah longsor, penahan atau penampung air hujan, sehingga dapat mencegah terjadinya kekeringan ketika musim kemarau. “30 ribu bibit ini sangat bermanfaat sekali bagi warga Cipelang, umumnya untuk kecamatan Cijeruk, seperti kita ketahui kecamatan Cijeruk, termasuk daerah rawan longsor, sehingga bantuan ini sangat bermanfaat sekali, dan ini kita perlu apreasiasi, dirinya berharap lahan Yang gundul bisa hijau kembali, dan bermanfaat untuk semua orang,” ucapnya.


Kiki Sukiwan, Kades Cipelang, mengungkapkan hasil penanaman bibit pohon yang telah ditanam, berhasil dengan baik, dan sampai saat ini pertumbuhan bibit sudah mulai terlihat. “Tanaman yang telah kita tanam,semua hasilnya berjalan dengan baik, maka dari itu kedepannya, kita akan terus belajar dan menimba ilmu, bagai mana tanaman ini tumbuh lebih baik lagi, dan tentunya bantuan yang telah diberikan UCP tidak akan kita sia-siakan,” pungkasnya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.